Siap-Siap, Pengguna TikTok di Bawah Umur Hanya Bisa Main Aplikasi 1 Jam

RADARWAYKANAN.COM – Serangkaian fitur terbaru dari aplikasi media sosial TikTok kembali diumumkan.Salah satu fitur yang diumumkan adalah pembatasan waktu penggunaan aplikasi TikTok.Pembatasan waktu penggunaan aplikasi TikTok ini ditujukan kepada penggunanya yang masih berusia muda atau di bawah umur.

Dalam beberapa minggu ke depan, para pengguna TikTok yang masih berusia di bawah 18 tahun akan dibatasi penggunaannya.Bagi mereka yang masih berusia di bawah 18 tahun, maka penggunaan aplikasi TikTok akan dibatasi selama 1 jam per hari.

Demikian dilansir Radarlampung.co.id dari laman The Verge pada Kamis, 2 Maret 2023.Apabila pengguna telah mencapai batas waktu penggunaan yang telah ditentukan, maka pengguna akan diminta untuk memasukkan kode sandi untuk terus bermain di TikTok.

Baca Juga  Gelapkan DP Pickup, RF diringkus Polres Way Kanan

Sebenarnya, pengguna bisa menonaktifkan fitur pembatasan tersebut sepenuhnya.Namun dalam penonaktifannya hanya bisa dilakukan jika telah menghabiskan lebih dari 100 menit per hari.

Pengguna tersebut juga akan dikirimi notifikasi kotak masuk setiap minggu untuk merangkum waktu penggunaan layar yang telah dihabiskan.

Dalam hal ini, perusahaan media sosial tersebut rupanya telah berkonsultasi dengan lembaga penelitian akademis dan pakar atau ahli.

Baca Juga  Sambut HUT RI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Way Kanan Gelar Lomba Story Telling dan Pidato Bahasa Lampung

TikTok telah berkonsultasi dengan lembaga penelitian akademis dan pakar dari Digital Wellness Lab di Rumah Sakit Anak di Boston.

Konsultasi tersebut dilakukan dalam upaya memutuskan berapa lama batasan waktu yang seharusnya diterapkan kepada pengguna TikTok di bawah umur 18 tahun.

Nantinya, batas waktu 1 jam atau 60 menit ini juga akan diberlakukan untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun.

Dalam penerapannya, pembatasan penggunaan ini perlu didukung oleh orang tua dengan cara melakukan penyetelan dan memasukkan kode sandi yang ada untuk mengaktifkan 30 menit waktu menonton tambahan di akun jika batas waktu telah tercapai.

Baca Juga  Kampung Gunung Baru Gelar Musrenbangkamp dan Monitoring

Kemudian untuk pembatasan khusus juga bisa diterpkan dan memungkinkan pembatasan yang disesuaikan berdasarkan hari apa atau lebih luas diperpanjang.

Artikel ini juga telah tayang di Radarlampung dengan Judul “Siap-Siap, Pengguna TikTok di Bawah Umur Bisa Hanya Bisa Main Aplikasi 1 Jam” link https://radarlampung.disway.id/read/663097/siap-siap-pengguna-tiktok-di-bawah-umur-bisa-hanya-bisa-main-aplikasi-1-jam