Siap-siap, Bareskrim Polri Segera Umumkan Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut

RADARWAYKANAN.COM – Bareskrim Polri akan segera mengumumkan tersangka dalam kasus gagal ginjal akut, yang menyebabkan ratusan anak meninggal dunia.

Tim penyidik gabungan Bareskrim Polri dan BPOM sudah menaikan status perkaranya ke penyidikan.

Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Pipit Rismanto mengatakan peningkatan status kasus dari penyelidikan ke penyidikan untuk PT Afi Pharma.

Perusahaan farmasi PT Afi Pharma itu diduga memproduksi sediaan farmasi jenis obat sirop mengandung Etilen Glikol (EG) melebihi ambang batas yang seharusnya 0,1 mg seperti dikutip dari Radarlampung

“Hasil gelar perkara penyidik Bareskrim dan BPOM sepakat meningkatkan dari penyelidikan ke penyidikan terhadap PT. Afi Pharma,” kata Pipit, Selasa, 1 November 2022.

Baca Juga  Lima Kali Curi Motor Dalam Tiga Bulan, Mat Akhirnya Diringkus Polisi

Dijelaskannya, PT Afi Pharma memproduksi sediaan obat jenis sirop merk Paracetamol (obat generik) yang mengandung EG melebihi abang batas setelah dilakukan uji laboratorium oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yaitu 236,39 mg.

Menurut Pipit, penyidikan kasus gagal ginjal oleh penyidik Polri untuk produsen obat sirop PT Afi Pharma. Sedangkan dua industri farmasi lainnya yang ditemukan menggunakan bahan baku Propilen Glikol melampaui ambang batas aman ditangani oleh BPOM.

Baca Juga  Tilap Duit Rawat Inap, Dua Honorer RSUD Sukadana Dituntut 16 Bulan Penjara

Dua industri farmasi tersebut yakni PT. Yarindo Farmatama di Jalan Modern Industri IV Kav. 29, Cikande, Serang, Banten dan PT. Universal Pharmaceutical Industries di Tanjung Mulia, Medan, Sumatera Utara.

“Yang dua agar ditanyakan langsung ke BPOM, rencananya akan disidik oleh BPOM sendiri,” ujar Pipit. (*)

Berita ini juga telah tayang di Radarlampung.disway.id dengan Judul ” Siap-siap, Bareskrim Polri Segera Umumkan Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut” https://radarlampung.disway.id/read/657486/siap-siap-bareskrim-polri-segera-umumkan-tersangka-kasus-gagal-ginjal-akut