PPL Negeri Agung Laksanakan Vaksin Hewan Ternak di Kampung Sunsang

Negeri Agung (RWK), – Dalam rangka upaya mendukung pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, PPL Kecamatan Negeri Agung bersama pemerintah kampung Sunsang melaksanakan giat vaksinasi 50 dosis kepada ternak sapi, kerbau dan kambing dikampung Sunsang, Kecamatan Negeri Agung, Rabu (27/7/22).

“Hari ini kami Pemerintah kampung bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Kecamatan dan Tim memberikan edukasi dan suntikan Vaksin PMK pada 50 ekor Sapi, yang sudah disiagakan di kandang masing masing peternak. Dimana masalah PMK (Penyakit Kuku Mulut), ini sudah menjadi isu Nasional, jadi kami tidak ingin apa yang menjadi masalah Nasional ini juga terjadi di Kampung kami khususnya dan di Waykanan umumnya, untuk itulah kami melakukan pengawasan melekat terhadap hewan ternak di tempat kami, dan sesuai himbauan Dinas Hortikultura dan Peternakan Waykanan, untuk sementara dilarang mendatangkan ataupun mengirim hewan ternak keluar Kampung Dan Kecamatan,” ujar Mulyadi kepala kampung Sunsang saat memantau langsung pelaksanaan vaksik PMK terhadap hewan ternak.

Baca Juga  Kampung Sunsang Tetapkan Nomor Urut Calon BPK

Lebih lanjut, Apabila terjadi pengiriman atau pembelian hewan ternak di luar Kecamatan dan Kampung pihaknya koordinasi dengan pemilik (pembeli hewan ternak) untuk dilakukan pengawasan khusus atau dikarantina dulu 14 hari, setelah dirasa sehat dan bagus, maka hewan ternak tersebut dapat dikirim.”tambah Mulyadi.

Terpisah, Camat Negeri Agung Hepi Haryanto,S.E sangat mengapresiasi apa yang dilakukan PPL dan pemerintah kampung Sunsang yang cepat tanggap langsung melakukan antisipasi dengan menyuntikkan hewan ternak dengan vaksin.

Baca Juga  Mantapkan Pembangunan Kampung Sukarame Buka Onderlagh

“Saya harap masyarakat untuk terus memperhatikan himbauan dari pemerintah, tujuannya agar sapi-sapi peliharaan terhindar dari wabah PMK dan tentunya selalu menjaga kebersihan kandang”.tegas Camat Negeri Agung. (RWK /Alba).