Peluang untuk Calon CPNS dan PPPK, Kuotanya Segini Lho !

Radarwaykanan.com,.NASIONAL – Peluang untuk calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pemerintah membuka lowongan 1.086.128 formasi tahun 2022 .

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Ad Interim Mahfud MD mengatakan, jumlah tersebut untuk rekrutmen tahun 2022. 

“Rencana usulan rekrutmen calon ASN 2022 1.086.128 orang,” kata Mahfud MD dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR, Rabu 29 Juni 2022.

Menurut Mahfud MD, dari kebutuhan tersebut, sebanyak 1.035.811 formasi untuk PPPK seperti dikutip dari radarlampung.disway.id

Alokasi terbesar di daerah untuk guru. Sebanyak 758.018 formasi serta fungsional 184.239 formasi.

Baca Juga  Lagi Lagi Mahasiswi Palembang Bunuh Diri, Ini Pemicunya

Untuk tingkat pusat, PPPK guru dibuka 45 ribu formasi, dosen 20 ribu formasi, dokter atau tenaga kesehatan 3 ribu formasi, dan jabatan teknis lainnya 25.554 formasi.

“Kemudian untuk lowongan CPNS 2022, dibuka sebanyak 8.941. Rencananya bakal dibuka untuk sekolah kedinasan,” sebut Mahfud MD.

Namun Mahfud MD belum memastikan kapan pembukaan formasi baru CPNS dan PPPK.

”Untuk rekrutmen CPNS 2022 memang fokus pada seleksi PPPK guru dan tenaga kesehatan,” sebut Mahfud MD.

Sebelumnya, Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan, kebijakan merekrut PPPK berdasar pada sistem kerja beberapa negara maju.

“Pada beberapa negara maju, jumlah government worker atau pelayan publik (PPPK) lebih banyak ketimbang jumlah civil servant (PNS),” kata Tjahjo Kumolo.

Baca Juga  Viral, Siswi SMP Lompat dari Angkot, Mengaku Takut Diculik

Diketahui, pemerintah kembali membuka pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru tahun 2022. Prioritasnya katagori pelamar I, II, dan III.

Pelamar prioritas I adalah tenaga honorer eks katagori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta, yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.

Sedangkan pelamar prioritas II yaitu THK-II. Lalu pelamar prioritas III adalah guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan masa kerja minimal tiga tahun.

Sementara, lulusan PPG yang terdaftar di database kelulusan PPG Kemendikbudristek serta pelamar yang terdaftar di Dapodik bisa melamar melalui kategori pelamar umum.

Baca Juga  Atlit Pelatda PBSI Way Kanan juarai Open Tournament PBSI Way Kanan CUP Ke I tahun 2022

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pun telah menerbitkan regulasi sebagai dasar pelaksanaannya melalui Peraturan Menteri PANRB No. 20/2022 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022.

“PermenPANRB 20 ini mempertimbangkan bagaimana kita memenuhi jumlah guru dengan kualitas dan sebaran yang baik,” kata Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni dikutip Radarlampung.co.id dari situs Kemenpan-RB, Minggu 12 Juni. (*)

Artikel ini telah tayang di Radarlampung.disway.id link https://radarlampung.disway.id/read/579819/peluang-untuk-calon-cpns-dan-pppk-kuotanya-segini