Manfaat Pandemi Gotong Royong Membudaya Kembali

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Agung (RWK) – Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat Kampung Kota Bumi Way Kanan salah satunya adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, bertujuan untuk merawat dan menjaga infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong. Minggu (21/02).

Di Pemerintahan Kampung Kota Bumi Way Kanan, Kecamatan negeri Agung, Kabupaten Way Kanan masih sering dilaksanakan kegiatan bergotong royong yang dalam pelaksanaanya rutin setiap bulannya , seperti merawat kebersihan jalan, ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran-saluran siring dan kegiatan kegiatan lainnya.

Baca Juga  Ketua Gapoktan Diduga Selewengkan Wewenang

Bertepatan dihari Minggu ini (21/02) Selalu berperan aktif dan hadir Heliya Putra Sekertaris Kampung untuk membantu dan memantau segala kegiatan bersama warga sekitar dan perangkat Kampung, melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan jalan poros Kampung Kota Bumi Way Kanan yang selalu dipergunakan warga setiap harinya untuk beraktivitas.

Kepala Kmpung Kota Bumi Way Kanan Nazarrudin Amran, S.E Mengatakan Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun Karena Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

Baca Juga  Dua Kampung Gelar Musyawarah Pendataan SDGs

” Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan,”Ungkapnya.

Menurutnya, Tujuan dari diadakannya kegiatan bersih-bersih ini adalah membersihkan lingkungan Kampung Kota Bumi Way Kanan agar selalu asri dan nyaman bagi Masyarakat semua.

” Karena di musim panca roba (Covid-19) seperti ini banyak penyakit yang timbul, sehingga dengan mengadakan kegiatan seperti ini, sedikit tidaknya kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor,”Jelasnya.

Baca Juga  Bertekad Pertahankan Adipura tahun 2022,Pemkab Way Kanan Gelar Rakor

Dia berharap Selain untuk menjaga kebersihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Kampung Kota Bumi Way Kanan.

“Hari ini kita Kegiatan gotong royong dilaksanakan pagi tadi, Dengan penuh semangat warga membersihkan lingkungan di sepanjang jalan lingkungan yang insyaallah akan di onderlak pada tahun 2021 ini dari Anggaran Dana Desa (ADD) jalan yang terletak di dusun VI Kampung Kota Bumi Way Kanan, Mudah-Mudahan Terealisasi,”Harapnya.(RWK-K/AWAL).