Masyarakat Rindu Akan Sosok kepemimpinan Candra Gunawan selaku Kepala Kampung Banjar Sakti.

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Gunung Labuhan (RWK) – Melayani dengan sepenuh hati, jujur, dan bijaksana, serta menjadi Problem Solving bagi masyarakatnya, itulah salah satu deskripsi sosok Candra Gunawan selaku calon tunggal kepala kampung Banjar Sakti Kecamatan Gunung Labuhan, Way Kanan.

Karena kesuksesannya dalam memimpin kampung, ia berhasil menjabat selama dua periode berturut-turut sebagai kepala Kampung Banjar Sakti. Untuk saat ini dirinya kembali mencalonkan diri sebagai Calon kepala kampung Banjar Sakti yang akan digelar pada 27 Mei Tahun 2021 mendatang yang dilakukan serentak dari 85 kampung se- Kabupaten Way Kanan.

Menurut Candra Gunawan, untuk mewujudkan Kampung sejahtera dan mandiri, peran kepala kampung merupakan salah satu kuncinya. Kini, kepala kampung bukan lagi sosok pemimpin yang hanya menjalankan instruksi dari struktur di atasnya yaitu kecamatan, kabupaten, dan seterusnya. Ia harus menjadi seorang arsitek bagi bangunan ekonomi kampungnya sendiri.

Baca Juga  Kampung Negara Batin Kampanyekan Wajib Pakai Masker

“Kepala kampung dengan segenap jajarannya tidak bisa lagi hanya sibuk mengurus administrasi seperti yang terjadi selama bertahun-tahun. Tidak hanya itu tantangannya saat ini, kepala kampung tidak bisa lagi hanya berpangku tangan dan merasa dirinya hebat hanya karena menjadi pemimpin Kampung, tetapi harus belajar untuk mencari peluang ekonomi untuk suatu Kampung. Kemampuan warga kampung tidak bisa lahir dan berkembang sendiri, Kepala Kampunglah yang harus mampu menjadi arsitek sekaligus problem solver ekonomi Kampungnya sehingga berbagai keterbatasan yang dimiliki warga kampung harus dipecahkan oleh kepala kampung serta jajarannya,” Ujar Candra Gunawan saat dikonfirmasi Radar Way Kanan, Jum’at (5/03).

Baca Juga  Penjaringan Perangkat Kampung Karya Jaya

Satu hal yang perlu di garis bawahi, Lanjut Candra, dalam memimpin suatu kampung itu harus melaksanakan mandat warga kampung serta menjadi pelayan terbaik bagi warga masyarakat dari segi apapun.

“Selaku pemimpin kampung kita harus menjadi faktor penting dan penentu dalam rangka mewujudkan kampung sejahtera dan mandiri. Saat ini, Kepala Kampung bukan hanya kepanjangan tangan pemerintah melainkan sebagai pemimpin masyarakat. Kepala kampung itu adalah mandat dari masyarakat melalui pemilihan, jadi atas dasar amanah tersebut kita harus performa menjadi pelayan terbaik bagi masyarakat,” Tutur Calon Kepala Kampung Tunggal itu, Jum’at (5/03).

Baca Juga  Hari Ke-3, Panitian Pemilihan Kakam Tanjung Sari Sudah Terima Dua Berkas

Terpisah, Berdasarkan Pantauan Radar Way Kanan, Euforia Masyarakat sangat nampak dengan antusiasmenya ketika mengetahui Candra Gunawan kembali mencalonkan diri sebagai Kepala Kampung Banjar Sakti.

“Kami bersyukur karena Pak Candra kembali mencalonkan diri sebagai Kepala Kampung Banjar Sakti, semoga tidak ada kendala baik secara administrasi ataupun lainnya, sampai dengan digelarnya pemilihan nanti,” Pungkas Fikri Jasendo (22) warga setempat yang sangat mengharapkan Candra Gunawan terpilih kembali, Jum’at (5/03). RWK-W/Oksi/Kadarsyah