Gotong Royong Dalam Rangka HPSN

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Gunung Labuhan – Pemerintah Kampung Gunung Pekuon Kecamatan Gunung Labuhan melakukan Aksi Bersih-Bersih Sampah di Lingkungan Kantor Kampung hingga ke Dusun-dusun yang dipimpin langsung oleh Pejabat Kepala Kampung Gunung Pekuon Evana Dewi SE,Jum’at (26/02/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam Rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap Tanggal 21 Februari, kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara serentak di wilayah masing-masing pada Kampung sesuai dengan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor : 660/153/IV.12-WK/2021 Tentang Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Way Kanan.

Dalam penyampaiannya Pejabat Kepala Kampung Gunung Pekuon Evana Dewi SE. mengatakan bahwa HPSN menjadi momen untuk membangun kesadaran publik dalam upaya-upaya pengelolaan sampah dan pengurangan sampah. Upaya tersebut ternyata membuahkan hasil yang sangat positif.

Baca Juga  KPU : Cek Data Pilih Anda Melalui Aplikasi

Evana Dewi juga berharap aksi bersih-bersih sampah dapat menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Aksi bersih-bersih serentak juga diikuti oleh seluruh Aparatur Kampung serta diikuti seluruh masyarakat di Kampung Gunung Pekuon.

“HPSN mengingatkan kita bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam pengelolaannya. Persoalan sampah merupakan persoalan serius dan multidimensi, sehingga diperlukan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus menerus. HPSN 2021 juga bertujuan untuk memperkuat komitmen dan peran aktif Kampung hingga Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi, memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah, dan memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implemantasi bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi”, ujar Evana Dewi SE.

Baca Juga  Kampung Bonglai melakukan Penandatanganan Berita Acara SDGs

Selanjutnya, meskipun dalam masa Pandemi Covid-19, Pemerintah Kampung Gunung Pekuon tetap menggelorakan dan mengajak masyarakat untuk selalu memanfaatkan sampah yang ada di sekeliling dengan menerapkan pola 3R yang merupakan langkah minimal yang dapat dilakukan secara mandiri dalam menghadapi permasalahan sampah di kampung Gunung Pekuon khususnya Bumi Ramik Ragom.

Baca Juga  Semangat Gotong Royong Membangun Desa

Lebih Lanjut Evana Dewi SE mengatakan meskipun tidak memperingati HPSN namun masyarakat tetap selalu melaksanakan Gotong Royong.
“ya walaupun tidak dihari HPSN kita juga selalu menggerakkan masyarakat untuk selalu bergotong royong berhubung dimasa pandemi kita harus menerapkan protokol kesehatan meskipun saat bergotong royong”pungkasnya. (RWK/Kadarsyah)