Camat Baradatu Menghadiri Pelatihan UMK di Almer Homestay Baradatu

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Baradatu (RWK)- Desta Budi Rahayu N, S.STP Camat Baradatu menghadiri pelatihan vocasional desain label dan kemasan produk bagi UMK. Program pendidikan dan latihan perkoperasian (peningkatan kapasitas koperasi dan UMK) dinas koperasi dan UMK provinsi Lampung Tahun 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 28-31 Maret 2022 bertempat di Almer Homestay baradatu kabupaten way kanan Senin 28/03/2022.

Pelatihan vocasional desain label dan kemasan produk bagi UMK di Kecamatan Baradatu dihadiri oleh wakil bupati way kanan Drs. Ali Rahman S.T M.T, Camat Baradatu Desta Budi Rahayu N, S.STP, kepala dinas koperasi dan UKM Provinsi Lampung Drs. Samsurijal M.M, Pawit Sekcam baradatu dan seluruh peserta pelatihan.

Baca Juga  Peringati Hari Ibu ke-92, TP PKK Kab Way Kanan Gelar Rapid Test Gratis Untuk Kaum Perempuan

Desain kemasan dan pemasaran produk dalam bisnis penjualan produk makanan seringkali menjadi problem bagi produsen terutama bagi pengusaha tingkat kecil menengah (UMKM). Untuk mengatasi dan meningkatkan kesuksesan tentang hal tersebut Dinas Koperasi UMK mengadakan Pelatihan Desain Kemasan Makanan Ringan dan Pemasaran Produk bagi UMKM di kecamatan baradatu.

“Drs, Samsurijal M.M kepala dinas koperasi dan UKM Provinsi Lampung memberikan materi ,Desain Kemasan Makanan Ringan. Dia menyampaikan bahwa kemasan produk akan mempengaruhi psikologi konsumen agar membeli produk karena pada dasarnya kemasan menjadi silent salesman dari suatu produk. Kadang keberhasilan suatu produk akan tergantung pada kemasannya, tapi tentunya kemasan yang bagus harus didukung oleh kualitas produk yang baik” ujarnya.

Baca Juga  8 Kementerian Buka Lowongan CPNS Untuk Lulusan SMA/SMK, Ini informasinya

Penggiat UMKM harus menyadari pentingnya desain kemasan produknya. UMKM harus mengikuti tren pasar, bahkan kalo bisa menciptakan tren sehingga produknya laku dipasaran. Desain kemasan merupakan suatu proses, banyak hal yang harus menjadi perhatian dalam pembuatan desain kemasan ini seperti warna, ukuran kemasan, kemasan yang sesuai dengan produk dan inovatif, kemasan yang menunjukan identitas dan penciptaan brand. Meskipun produksi UMKM skalanya belum besar namun untuk mendapatkan perhatian dari konsumen, tentunya desain kemasan menjadi salah satu strategi dalam penjualan.

Baca Juga  Pemkab Way Kanan Ikuti Vicon Sosialisasi Permendagri Nomor 72 Tahun 2020

Penggiat UMKM yang hadir dalam pelatihan ini antusias ketika sesi tanya jawab terhadap kemasan UMKM yang dibawa masing-masing peserta. Pada sesi ini, narasumber memberikan masukan atas desain kemasan UMKM seperti label kemasan yang harus mengikuti bentuk kemasan, membuat inovasi dalam kemasan dan mengutamakan kemasan lokal yang menunjukan identitas daerah. Diharapkan setelah pelatihan ini para penggiat UMKM bisa menerapkan ilmu yang diperoleh terkait desain kemasan.RWK/HABIBI A.P