UPAL Beredar, Sehari Cetak 120 Lembar

Terpisah, dari pengakuan FH  (36) warga jalan Pramuka Kelurahan Air Bang Curup yang merupakan otak dari pembuatan dan peredaran uang palsu lintas provinsi ini, mengaku dalam seharinya FH dapat mencetak Upal sebanyak 100 sampai 120 lembar.

Diantaranya terdiri dari pecahan Rp 100 ribu atau kisaran Rp 10 juta sampai dengan Rp 120 juta Upal.

Bahkan, dari pengakuan FH pada penyidik, praktik pemalsuan uang itu sudah dijalankannya sejak 1 bulan lebih.

“Baru satu bulan pak, seharinya saya bisa cetak 100 sampai dengan 120 lembar,” ujarnya.

Baca Juga  Curat, MKN Diciduk Polsek Bahuga

Hasil pencetakan Upal itu, sambung FH, selain sudah ada yang terjual hingga Kalimantan dan Sulawesi, Upal buatannya juga dipergunakan untuk kebutuhan harian FH dan rekan-rekannya.

Seperti digunakan untuk membeli handpone. FH mengakui sedikitnya sudah ada 3 handphone yang dibelinya dengan menggunakan Upal.

FH melanjutkan, dalam pembuatan Upal yang sudah nyaris menyerupai uang aslinya itu, dirinya dapatkan dengan cara belajar melalui Youtube.

“Kalau belajar sudah lama Pak, tapi sebelumnya selalu gagal, Yang berhasil membuat Upal baru satu bulan ini,” ucapnya.

Baca Juga  PELAKU PENUSUKAN INISIAL FR MENYERAHKAN DIRI DI POLSEK SUNGKAI UTARA

Akibat perbuatan ke 3 tersangka, Polisi menjeratnya dengan pasal 36 UU No 7 tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman 15 tahun penjara.

Ini sebagaiman disampaikan Kapolres Kepahiang AKBP Yana Supriatna pada saat jumpa pres beberapa hari lalu.

“Untuk pasal yang kami kenahkan, pada ke 3 tsk ini 36 UU No 7 tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman 15 tahun penjara,” tukasnya.

Baca Juga  Tingkat Kekerasan di Papua Meningkat, Ini Penyebabnya?

Diberitakan sebelumnya, Tim buser Elang Jupi sat reskrim Polres Kepahiang berhasil meringkus  3 warga Curup Kabupaten Rejang Lebong.

Ketiganya diduga sebagai sindikat pembuat dan pengedar uang palsu.

Bersama dengan 3 tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 351 lembar dengan pecahan uang Rp 100 Ribu, 1 unit ptinter, 1 unit Notebook,  3 unit HP, pisau Cuter, dan beberapa botol tinta. (*)

Artikel ini telah tayand di radarlampung dengan link https://radarlampung.disway.id/read/631086/uang-palsu-beredar-sehari-cetak-120-lembar