TMMD Ke – 111 Kodim 0427/Way Kanan, Wujud Sinergi Membangun Bumi Pertiwi

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Umpu Semenguk(RWK), – Pandemi Covid – 19, sudah seperti momok yang menghantui banyak masyarakat di Indonesia. Selain menjadi hal yang ditakuti, ada banyak juga masyarakat yang menjadi semakin terpuruk dikarenakan virus yang satu ini. Pemerintah sendiri pastinya sudah melakukan banyak hal demi menanggulangi wabah yang semakin hari semakin tidak  tahu diri dan tidak juga hilang dari Bumi Pertiwi, Kamis (17/5).

 

Di tengah hiruk pikuknya Kaum Borjuis yang berebutan berbagai macam perlengkapan demi melindungi diri, masih ada banyak masyarakat yang memiliki keinginan yang cukup rendah hati. Seperti rumah sederhana untuk ditinggali, dan jalanan kokoh yang dapat memperlancar kegiatan sehari – hari.

 

Contohnya seperti masyarakat yang terdapat di Kampung Negeri Batin, Kecamatan Umpu Semenguk, Kabupaten Way Kanan. Jangankan rumah sederhana bertembok semen beratap genting, masih ada banyak dari mereka yang tinggal di sebuah bangunan kecil yang tidak layak untuk ditinggali.

 

Jalanan yang mereka lalui juga sering membuat mereka terjatuh dari kendaraan yang mereka miliki. Hal itu karena ada banyak sekali batu cadas yang menjulang tinggi di sepanjang jalanan yang mereka lalui.

 

Namun, dalam beberapa minggu terakhir masyarakat Kampung Negeri Batin menemukan secercah harapan lewat serangkaian program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke – 111 yang dilakukan oleh jajaran Kodim 0427/Way Kanan.

Baca Juga  Sukseskan Pilkakam, Pemerintah Kampung Kota Baru Gelar Rapat Pleno DPT

 

Program tersebut bukan hanya memperbaiki satu atau dua rumah tidak layak huni, tapi memperbaiki Lima rumah tidak layak huni yang sudah disepakati oleh masyarakat setempat. Selain itu, pembukaan badan jalan sepanjang 1.035m yang terdapat di Dusun IV Km 20/2, dan Dusun VI Sidorejo.

 

Pembukaan Jalan: Kegiatan Pembukaan Jalan Dalam TMMD Ke – 111 Kodim 0427/Way Kanan

Program TMMD ke – 111 yang digelar di wilayah Kodim 0427/Way Kanan, mencakup pembangunan fisik maupun nonfisik dengan dengan tujuan utama meningkatkan potensi wilayah dan perekonomian masyarakat yang ada.

 

Jalanan sebagai Sarana infrastruktur transportasi, merupakan bagian terpenting untuk kembali menghidupkan aktivitas dan meningkatkan perekonomian warga sekitar, agar dapat mengelola dan memasarkan hasil perkebunan dan pertaniannya tanpa kendala akses tranportasi.

 

Dengan adanya pembukaan badan jalan sepanjang 1.035m, diharapkan semangat masyarakat yang selama ini pudar karena susahnya akses akan kembali muncul, dan yang akan memicu keinginan untuk mengolah potensi sumber daya alam yang ada.

 

Hal itulah yang ingin dicapai oleh para personil TNI yang terlibat dalam program TMMD Ke – 111 Kodim 0427/Way Kanan. Tentunya dengan tetap bersinergi dan dikolaborasikan dengan program pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, sehingga kesadaran masyarakat untuk memelihara sarana dan prasarana yang telah dibangun secara bersama – sama akan tumbuh, dan dapat mewujudkan pembangunan yang merata di setiap Daerah.

Baca Juga  Polres Way Kanan siapkan 8.050 dosis Vaksin Untuk 12 Kecamatan, Banjit Mencapai Target

 

Masyarakat yang terlibat dalam program TMMD sendiri merupakan suatu bentuk budaya kebersamaan bangsa Indonesia yang memang sudah ada semenjak Negara kita berdiri.

 

Dengan gotong – royong membangun wilayahnya sendiri, nantinya rasa memiliki dan kebanggaan untuk selalu menjaga dan merawat akan timbul dan menetap.

 

“Akses jalan bagi para masyarakat, tentunya memberikan dampak besar bagi peningkatan pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar. Apalagi yang memang berkecimpung di sektor perkebunan dan persawahan,” jelas Dansatgas TMMD ke – 111 Way Kanan yang juga Dandim 0427/Way Kanan Letkol Inf. Anak Agung Gede Rama, CP, S.Sos., M.Tr.

 

Sasaran dan target Pada TMMD ke – 111 Kodim 0427/Way Kanan tahun 2021, sangatlah luar biasa. Dengan dibangunnya beberapa infrastruktur transportasi maupun sarana pendukung lainnya untuk memudahkan aktivitas perekonomian warga, tentunya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) baik bagi pemerintah maupun masyarakat bukanlah hal yang tidak mungkin lagi.

 

Pembangunan jalan itu juga memiliki dampak besar terhadap akses masyarakat yang bercocok tanam. Memang sudah sangat lama jangkaun akses bagi masyarakat, menjadi hambatan dalam menuju lokasi perkebunan.

 

Budaya: Gotong Royong Personil Kodim 0427/Way Kanan Dengan Masyarakat Dalam TMMD Ke – 111 Kabupaten Way Kanan

Dandim 0427/Way Kanan Letkol Inf. Anak Agung Gede Rama, CP, S.Sos., M.Tr. juga mengatakan, selain pembukaan badan jalan sepanjang 1.035m, disertai juga pembuatan enam unit gorong – gorong yang tersebar di empat Dusun, perbaikan lima rumah tidak layak huni, pembangunan lima unit Poskamling yang bertempat di Dusun III Km 20/1, Dusun II Balirejo, Dusun XI Way Kanca, Dusun XIII Kalub, Dusun XIV Purwodadi, perbaikan Masjid Nurul Hidayah, sunatan massal, pembagian sembako, dan penyuluhan kesehatan di masa Covid – 19.

Baca Juga  Orientasi Pendataan Keluarga 2021 Tingkat Kampung

 

“Semua kegiatan tersebut pastinya memiliki tujuan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di Daerah yang ada, guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri,” lanjut Dandim 0427/Way Kanan.

 

Kepala Kampung Negeri Batin Jarot, S.H., tentunya memberikan apresiasinya dan siap mendukung penuh program TMMD yang berada di Kampungnya tersebut. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap bekerja sama hingga semua program yang dilaksanakan selesai.

 

Dengan dibukanya askes jalan dan pembangunan berbagai sarana umum melalui TMMD ke – 111 tersebut, besar harapan masyarakat Kampung Negeri Batin untuk mengembangkan berbagai hasil pertanian dan perkebunan dikarenakan makin mudahnya akses transportasi.

 

“Semoga dengan dilakukannya program TMMD ini, kesejahteraan serta taraf ekonomi Masyarakat Kabupaten Way Kanan khususnya Kampung Negeri Batin dapat meningkat. Dan tidak ada lagi masyarakat yang terkendala untuk melakukan aktivitas perekonomian,” tutup Jarot. (RWK/AT)