Tantangan Pendamping PKH, Validasi Data Saat Pandemi

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Gunung Labuhan, RWK- Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) melaksanakan Validasi calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH wilayah Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan, Selasa (26/01).

Adapun pelaksanaan Validasi data calon penerima PKH tersebut berdasarkan data yang mereka terima (Pendamping PKH red) dari Dinas Sosial setempat.

Pelaksanaan Validasi PKH ini tidak hanya di lakukan di Kampung-Kampung Wilayah Kecamatan Gunung Labuhan saja, akan tetapi tim Pendamping PKH lainnya se-Kabupaten melaksanakan rangkaian proses validasi ini.

“Alhamdulillah kami beberapa hari ini melakukan rangkaian Validasi data calon penerima PKH untuk menguji kelayakan calon KPM apakah benar-benar layak atau tidaknya, karena data yang kami survei ini belum tentu langsung dinyatakan menjadi penerima masih ada beberapa tahapan verifikasi lainnya, kemudian Validasi ini juga bertujuan untuk memastikan calon penerima PKH, yang mana data dari pusat akan di cek ulang dan di koordinasikan dengan Kepala Dukuh, RT/RW serta petugas tim pendamping PKH,” Ungkap Sukarsih S.Pd Selaku pendamping PKH Wilayah Gunung Labuhan, Selasa (26/01).

Baca Juga  116 Penerima SK Pegawai P3K Diharapkan Bekerja Dengan Baik

Masih kata Sukarsih bahwa dirinya menghimbau agar masyarakat jangan salah faham, ketika Pihaknya melakukan validasi tersebut, karena hal ini bukan berarti langsung dinyatakan sah sebagai penerima PKH, akan tetapi masih dalam tahap ataupun rangkaian validasi data.

“Saat ini belum dinyatakan sah sebagai Penerima PKH, baru tahapan validasi untuk memastikan calon KPM apakah layak atau tidaknya dinyatakan sebagai penerima, Kami hanya ingin pastikan datanya supaya PKH tepat sasaran. Home Visit adalah salah satu upaya kami dalam memastikan bahwa layak atau tidaknya menjadi KPM PKH,”Kata petugas Pandamping PKH itu.

Baca Juga  KETUA PERWOSI LAMPUNG BINA PERWOSI WAY KANAN

Dalam melakukan serangkaian validasi itu lanjut Sukarsih, ada beberapa kategori yang menjadi standar penilaian yang harus dilaksanakan.

“Saat kami melakukan Validasi data kami mempunyai standarisasi penilaian kepada calon KPM yakni diantaranya, Kategori Ibu Hamil, Kategori Anak Usia Dini, SD/MI sederajat, SMP/MTS Sederajat, SMA/MA sederajat, Lanjut Usia +70, dan penyandang disabilitas berat,namun secara terperinci terkait inilah yang menjadi tolak ukur kami,” Papar Sukarsih.

Baca Juga  Herman Fahri: Pernikahan Harus Tertib Administrasi

Terpisah Rio Depelsen, S.Pd selaku Koordinator Kecamatan (Korcam) Pendamping PKH Gunung Labuhan mengatakan bahwa saat ini ada sebanyak 580 calon peserta KPM PKH yang akan divalidasi, Adapun KPM lama yang sudah berjalan sebanyak 1.747 data.

“Untuk Calon KPM PKH wilayah kecamatan Gunung Labuhan ada sebanyak 580 data yang kami terima, dan saat ini team kami telah menyebar ke 21 Kampung untuk melakukan proses Validasi. Untuk KPM PKH yang saat ini sudah berjalan sebanyak 1.747 se-Kecamatan Gunung Labuhan,” Ungkap Rio.RWK-Oksi