SMP1 Negeri Besar Optimalkan Belajari Daring

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Besar RWK-SLTPN 1 Negeri besar memulai pembelajaran secara daring setelah sebulumnya sempat melakukan pembelajaran Tatap Muka, Hal ini dilakukan Menindak lanjuti surat edaran bupati waykanan tentang penerapan PPKM darurat dalam rangka menekan laju penyebaran fandami covid- 19 dikabupaten waykanan.

Masyarakat Indonesia kini mulai menjalani aktivitas sehari-harinya seperti’ biasa. Namun, demi menjaga keselamatan dan kesehatan para siswa, sejumlah sekolah menerapkan sistem online atau virtual tanpa tatap muka langsung. Sistem ini juga dikenal dengan sistem pembelajaran daring.

Baca Juga  Kampung Negara Batin Kampanyekan Wajib Pakai Masker

Istilah pembelajaran daring dan luring muncul sebagai salah satu bentuk pola pembelajaran di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Daring merupakan singkatan dari “dalam jaringan” sebagai pengganti kata online yang sering kita gunakan dalam kaitannya dengan teknologi internet.

Daring adalah terjemahan dari istilah online yang bermakna tersambung ke dalam jaringan internet. Pembelajaran daring artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial.

Tri Supriyanto,S.Pd kepala sekolah SLTPN 1 Negeri besar menjalskan bahwa Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia. Segala bentuk materi pelajaran didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online, dan tes juga dilaksanakan secara online. Sistem pembelajaran melalui daring ini dibantu dengan beberapa aplikasi, seperti Google Classroom, Google Meet, Edmudo dan Zoom.

Baca Juga  Mulya Agung Tuntaskan BLT-DD Tahun 2021

Sebuah kondisi dikatakan daring apabila memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

Di bawah pengendalian langsung dari alat yang lainnya, Di bawah pengendalian langsung dari sebuah sistem.
Tersedia untuk penggunaan segera atau real time,Tersambung pada suatu sistem dalam pengoperasiannya,
Bersifat fungsional dan siap melayani.


Selama pelaksanaan model daring, peserta didik memiliki keleluasaan waktu untuk belajar.  Peserta di didik dapat belajar kapan pun dan di mana pun, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Peserta didik juga dapat berinteraksi dengan guru pada waktu yang bersamaan, seperti menggunakan video call atau live chat. Pembelajaran daring dapat disediakan secara elektronik menggunakan forum atau message.”pungakas Tri. RWK/JS