Pastikan Pelayanan Kampung Maksimal, Rusman S.Sos Tinjau Pelaksanaan Posyandu

Gunung Labuhan- Kepala Kampung Way Tuba kecamatan Gunung Labuhan Rusman S.Sos, mengunjungi Posyandu Melati di dusun satu dan dusun dua Kampung Way Tuba, Selasa (09/11).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk meyaksikan kegiatan Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) dalam peningkatan imunisasi serta pencegahan stunting atau gangguan tumbuh kembang pada anak.

Dalam Sambutannya Kepala Kampung Satu periode ini, Rusman S.Sos mengatakan salah satu tujuan Posyandu adalah mendukung pemerintah menangani stunting dan kematian ibu saat melahirkan.

Baca Juga  Siger Berbagi Di Kampung Bonglai Kecamatan Banjit

“Salah satu tujuan Posyandu adalah mendukung pemerintah menangani stunting dan kematian ibu saat melahirkan, serta meningkatkan Imunisasi anak” katanya.

Selain itu, Menurutnya anggota PKK Kampung berada pada garda terdepan dan memiliki peran penting dan kepekaan dalam melihat permasalahan pada anak-anak di masyarakat mulai dari balita hingga dini.

Baca Juga  KAMPUNG KALI PAPAN GELAR POSYANDU SECARA RUTIN

“Salah satunya adalah masalah pada ibu dan anak yang rentan terhadap kematian dan kasus gizi” tegasnya.

Lebih Lanjut ia mengatakan bahwa situasi perekonomian saat ini secara nyata dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan masyarakat. Bila tidak ditanggulangi, hal ini akan mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada masa mendatang.

Baca Juga  POLRES WAY KANAN BUKA LAYANAN MASALAH SERTIPIKAT VAKSIN

“Peranan kader posyandu sangatlah penting untuk membatu pemerintah dan masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan di kampung Way Tuba secara umumnya di Kabupaten Way Kanan ini. Dengan demikian upaya menyelamatkan, mempertahankan, meningkatkan pentingnya peranan posyandu sebagai wahana pelayanan berbagai program kesehatan dasar masyarakat dibutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan perjuangan para kader posyandu,”pungkasnya. (RWK/Kadarsyah)