iklan

P3-TGAI Kampung Campang Lapan dikerjakan Secara Swakelola dan Bermanfaat Untuk Warga

Banjit (RWK)- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktoral Jenderal Air Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi P3-TGAI tahun anggaran 2022 di kampung Campang Lapan.

Pemerintah mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur di tahun 2022 salah satunya dengan mendorong realisasi program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Kementerian PUPR di kampung Campang Lapan.

Surniman ketua kelompok P3-TGAI dan juga sebagai petani mengaku terbantu dengan hadirnya P3-TGAI di kampung Campang Lapan. Semoga dengan adanya program ini, aliran air semakin lancar sehingga dapat mengairi sawah warga dengan baik.

Bacaan Lainnya

Di tempat terpisah Mujianto kepala kampung Campang Lapan mengatakan pada jurnalis Radar waykanan bahwasannya masyarakat dan pemerintah kampung sangat berterima kasih atas bantuan P3-TGAI yang dikerjakan secara swakelola dan di Ketuai oleh bapak Surniman, mudah-mudahan dengan adanya proyek pengairan ini dapat meningkatkan hasil panen masyarakat.

Baca Juga  Kakam Gedung Harapan Dampingi Penyaluran BPNT Bersama Agen Dan Suplayer Sembako

Irvan salah seorang masyarakat mengucapkan terima kasih atas bantuan peningkatan jaringan irigasi (P3-TGAI) di Kampung Campang Lapan kecamatan banjit Kabupaten way kanan yang bersumber dari dana APBN tahun 2022 dengan biaya Rp. 195.000.000 dengan tim pelaksana P3A SUMBER AIR. Kegiatan P3-TGAI ini dilaksanakan secara swakelola atau tidak di pihak ketigakan/dikontraktualkan.

Ketua kelompok P3A SUMBER AIR Surniman patut dapat acungan jempol,Inilah komitmen kelompok tani, P3-TGAI, P3A SUMBER AIR cara membangun P3-TGAI dengan kualitas yang baik dikerjakan secara swakelola dengan transfaran dan terbuka.

P3A SUMBER AIR ini, merupakan salah satu bentuk perkumpulan petani dengan kegiatan yang dikhususkan pada pengelolaan dan pembagian air irigasi secara merata dan adil.

Dengan adanya kelompok P3A SUMBER AIR ini, penggunaan air irigasi menjadi lebih efisien sehingga sangat membantu petani pemakai air kampung Campang Lapan.

Surniman ketua kelompok kerja P3A SUMBER AIR selaku perkumpulan kelompok pemakai air , yang kemudian dilanjutkan dengan Pelatihan bagi para petani. Pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk peningkatan pengetahuan masyarakat, terutama dalam pengelolaan air dan irigasi untuk keperluan pembangunan sektor pertanian.

Baca Juga  Pemkab Instruksikan Camat serta Kakam Tentang Penyediaan MIGOR

Seperti yang telah dilaksanakan Program P3-TGAI di kampung Campang Lapan Kecamatan Banjit, dengan nama kelompok P3A SUMBER AIR.

Ketua kelompok P3A SUMBER AIR Surniman menjelaskan kepada jurnalis Radar Waykanan Adapun besar nya anggaran yang diterima adalah sebesar Rp 195.000.000,- dengan panjang keseluruhan 911 meter yang mengaliri 20 hektar sawah yang ada di Kampung Campang Lapan.

” Mujianto kepala kampung Campang Lapan sangat bersyukur dan berterima kasih mendapat bantuan Program P3-TGAI sehingga memudahkan petani untuk meningkatkan kualitas pertanian setempat. Saya berharap dengan dibuatnya saluran irigasi dari program P3A SUMBER AIR ini dapat menjadi sarana petani dalam meningkatkan kualitas dari hasil pertanian lokal dan mudah-mudahan hasilnya sangat memuaskan bisa buat contoh,” ujarnya.

” Saya sangat berterimakasih kepada pemerintah dan instansi terkait dengan adanya program P3-TGAI ini, sehingga masyarakat kami yang sebagian besar petani dapat merasakan manfaatnya, semoga kualitas pertanian kamipun menjadi lebih baik,” pungkasnya.

RWK/HABIBI A.P

Pos terkait