Kampung Tanjung Rejo Mantapkan Program Pembagunan dan Pengelolan DD 2021

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Agung (RWK)-Pemerintah Kampung Tanjung Rejo Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan, memantapkan program pembangunan dan pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2021.

Kepala Kampung Tanjung Rejo Imam Sofandi mengatakan, terdapat tiga rancangan program untuk anggaran Dana Desa tahun 2021 mendatang yakni Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Penanggulangan COVID-19, dan pembangunan Infrastruktur.

“Dana Desa tahun 2021 ini kita fokuskan ke BLT-DD dulu terutama, lalu ke penanggulangan Covid-19, kemudian sisanya kita alokasi ke Pembangunan Infrastruktur” kata Imam Sofandi kepada Radar Way Kanan.

Baca Juga  PMK : Baru Dua Kampung Yang Mencairkan DD Tahap 2

Ia juga menjelaskan bahwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kampung Tanjung Rejo untuk tahun 2021 sebanyak 48 KPM.

“ di tahun 2021 ini penerima BLT-DD kampung Tanjung Rejo sebesar 48 KPM, tentunya, dalam menentukan penerima BLT-DD melalui Musyawarah Khusus (Muskamsus) yang di laksanakan bulan lalu dan dihadiri oleh warga Tanjung Rejo, Tokoh Masyarakat , Tokoh Agama, Babinsa dan Babinkantibmas, ” jelasnya.

Baca Juga  Kampung Setia Negara NEBA siapkan Posko PPKM

Program anggaran DD tahun 2021 ini, lanjut Imam, tidak hanya di fokuskan untuk BLT-DD saja namun untuk penanggulangan Covid-19 yang bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

“Dana Penanggulangan untuk Covid-19 itu sudah di tetapkan pemerintah sebesar 8% dari Dana Desa yang di gunakan untuk pembelian Masker, Hand sanitizer, dan operasional-operasional pos jaga lainnya,”bebernya.

Tidak hanya itu, ia menambahkan, anggaran DD pada tahun 2021 ini juga bakal digunakan untuk realisasi pembangunan infrastruktur
Salah satunya pembangunan Onderlah di dusun 4 dan pembangunan pos pelayanan terpadu (Posyandu).

Baca Juga  PUSKESMAS WAY TUBA LAKUKAN BIAS DI SDN 1 BUKIT GEMURUH

“Rencana kita sih seperti Itu ya itu pun kalau dana tersebut mencukupi,” tambahnya.

Ia berharap penyaluran Dana Desa tahun 2021 ini berjalan dengan lancar tidak ada hambatan agar seluruh perencanaan program pengelolaan dan pembangunan di kampung Tanjung Rejo pada tahun ini bisa berjalan lancar.(RWK-W/Alba)