Kampung Marga Jaya Libatkan Masyarakat Dalam Pembahasan RAPBDES

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Berita Suara"]

Negara Batin (RWK) – Kepala kampung Marga Jaya beserta aparatur kampung libatkan masyarakat dalam rapat pembahasan dana desa anggaran 2021.

Hal tersebut patut lah ditiru oleh kampung-kampung yang mana kepala kampung tidak terlepas dari masyarakat dalam melaksanakan pembangunan desa.

Dalam rangka pembahasan rencana dana  desa tahun 2021 tersebut dipimpin langsung oleh kepala kampung Marga Jaya Sutoyo,beserta aparatur kampungnya yakni kasi,kaur,serta melibatkan tokoh Masyarakat hal tersebut dilakukan kepala kampung agar adanya keterbukaan kepala kampung dengan masyarakat Marga Jaya.

Baca Juga  MI Karta Jaya Lakukan Gotong Royong Di Lingkungan Sekolah

Musyawarah Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (RAPBDES) tahun 2021 tersebut dilaksanakan di balai kampung Marga Jaya hari ini,Minggu,17 Januari 2021.

Berlangsungnya acara tersebut kepala kampung Marga Jaya Sutoyo menyampaikan terkait Permendes Nomor 13 Tahun 2020, bahwa penggunaan Dana Desa (DD) dipergunakan untuk penanganan Covid-19,
pemulihan ekonomi  sesuai kewenangan desa dan program prioritas sesuai dengan kewenangan desa.


“seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa dana anggaran dana desa di tahun 2021 sebagian besar di peruntukkn dalam hal penangulangan covid-19 yakni untuk Bantuan Langsung Tunai,”tuturnya dalam rapat tersebut.

Baca Juga  Peluang Jasa Transfer Uang Bisnis Menggiurkan

Lebih Lanjut Sutoyo mengatakan dari hasil pembahasan tersebut kemudian disampaikan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  untuk dibahas secara internal. “selanjut nya hasil rapat ini akan kita sampaikan kepada Badan Permusyawarahan Desa”tambahnya.

Musyawarah  tersebut menghasilkan kesepakatan atas pembangunan dan fasilitas umum yang dianggarkan dari dana desa tahun 2021 diantaranya pembangunan jembatan antar dusun 1 ke dusun 2 untuk membuka Akses jalan Anak  Menuju sekolah ,
Pembangunan Rabat beton sepanjang  kurang lebih 300 M,dan satu unit sumur bor yang bertempat di RT.12 RW 4 ,Untuk sarana Musholah serta melanjutkan program pemerintah pusat dalam penanganan covid-19 BLT DD yang akan di berikan kepada 85 KPM.

Baca Juga  APEL SENIN MULAI MEMBUDAYA DI KOTABARU

Dalam hal tersebut Sutoyo mengharapkan peran serta masyarakat dalam pengawasan pembangunan dikampung Marga Jaya agar manfaatnya bisa dirasakan dan dinikmati masyarakat secara umum.
“kita punya hak bersama dalam mengawasi dana desa yang telah di kucurkan oleh pemerintah daerah supaya manfaat nya bisa kita rasakan bersama,”pukasnya RWK/Susi