KAKAM BUMI REJO SUWARDI TINGKATKAN SDM WARGANYA MELALUI KEJAR PAKET C

Baradatu (RWK) – Pemerintah Kampung Bumi Rejo bekerjasama dengan PKBM Tunas Maju adakan program Paket C yang dibiayai oleh Dana Desa. Dimana fasilitas ini bertujuan agar masyarakat khusunya warga Kampung Bumi Rejo Kecamatan Baradatu  mendapatkan kesetaraan dalam pendidikan. Kejar Paket C adalah salah satu program pendidikan dasar yang diselenggarakan melalui jalur pendidikan Luar Sekolah.

Pendidikan luar sekolah berfungsi mengembangkan potensi peserta didik / warga belajar dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian professional.

Kejar paket C sempat menjadi populer karena para peserta ujian nasional (UN) tingkat SMA dan MA yang tidak lulus dapat mencoba lagi dengan menggunakan jalur ini. Paket C (kejar paket C) adalah pelayanan pendidikan pada jenjang menengah kejuruan melalui jalur non formal. Program paket C merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat usia sekolah dan usia dewasa yang karena berbagai sebab tidak melanjutkan pendidikan.

Baca Juga  Polres Way Kanan Gelar Latpra Ops Keselamatan Krakatau 2021

Sebagaimana tercantum dalam undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 26 ayat (6) bahwa hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Baca Juga  Rapat Evaluasi Hasil Tim Relawan Pemutakhiran Data SDGs Kampung Gedung Jaya

Suwardi Kepala Kampung Bumi Rejo Kecamatan Baradatu mengatakan kepada jurnalis Radar Way kanan, bahwa  program kejar Paket C di Kampung Bumi Rejo itu sudah berjalan sejak tahun 2019 yang lalu,  dimana peserta pada tahun 2019 sebanyak 8 orang dan di tahun 2020 sebanyak 20 orang namun ada salah satu peserta yang meninggal dunia jadi total keseluruhan tinggal 27 orang sampai di 2021

“, Saya selaku Kepala Kampung Bumi Rejo berharap,  tidak ada lagi masyarakat saya yang putus sekolah sampai tingkat SLTA, dan seandainya pun masih ada masyarakat yang kekurangan biaya ataupun tidak lulus SLTA saya akan tetap berusaha membantu masyarakat dalam kejar paket C,” tutupnya.  

Baca Juga  Kampung Rejo Sari Bagikan BLT DD Bulan Januari 2021.

Terpisah,  Tusiman dan Mudjiono  2 orang warga yang menjadi peserta program kejar paket C di Kampung Bumi Rejo, memberikan apresiasi mereka kepada Suwardi ( Kepala Kampung Bumi Rejo Kecamatan Baradatu red ),  yang sudah membantu mereka di dalam program kejar paket C, dengan harapan ilmu yang mereka dapatkan itu nanti menjadi berkah dan bermanfaatn untuk kehiduoan mereka dimasa yang akan datang, RWKI /HABIBI