Kades Bawa Kabur Dana Desa Ratusan Juta di Sumsel, Pengakuannya Mencengangkan

RADARWAYKANAN.COM –  Seorang oknum Kepala Desa Purun Timur, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial AL, terpaksa berurusan dengan pihak berwajib.

Oknum Kades bawa kabur dana desa ratusan juta atau tepatnya Rp 548 juta rupiah dan berhasil diamankan pihak kepolisian.

“Oknum kades di PALI tersebut ditangkap terkait dugaan penggelapan dana desa Rp 548 juta,” ujar Erlangga, dikonfirmasi, Jumat, 25 November 2022 malam.

Baca Juga  DPR RI Desak Segera Angkat Tenaga Honorer jadi ASN

Erlangga katakana dari hasil pemeriksaan pihaknya terhadap pelaku, Oknum Kades berinsial AL tersebut menggelapkan dana desa pada 2021.

Dalam hal ini tindak pidana korupsi yang dilakukan oknum kades tersebut mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 548.526.273.

Terungkapnya kasus penggelapan dana desa tersebut berawal dari laporan warga atas kecuriggan mereka dan membuat melaporkan dugaan korupsi dana desa itu ke pihak Kepolisian.

Baca Juga  Warga Kampung Adi Jaya NEBA Merasa di Persulit Oleh Pemerintahan Kampung

Polisi kemudian melakukan penyelidikan dengan memeriksa sebanyak 64 orang saksi.

Selain memeriksa para saksi, AKBP Erlangga menjelaskan bahwa pihaknya juga memeriksa fisik proyek di Desa Purun Timur dengan melibatkan ahli konstruksi dari Persatuan Konsultan Indonesia (Perkindo) Sumsel.

“Sejumlah dokumen terkait pengelolaan keuangan Desa Purun Timur 2021 juga telah disita dan diperiksa,” ujarnya.

Baca Juga  Alamak ! 2 Kali Berhubungan, Murid SD Hamil 8 Bulan, Begini Ceritanya

Berita ini juga telah tayang di Disway.id dengan Judul “Oknum Kades Bawa Kabur Dana Desa Ratusan Juta di Sumsel, Pengakuannya Bikin Geleng-geleng” https://disway.id/read/669864/oknum-kades-bawa-kabur-dana-desa-ratusan-juta-di-sumsel-pengakuannya-bikin-geleng-geleng