Dinas Pertanian Sosialisasi Benih Dan Hama Di Kampung Kota Baru

Foto:Suasana Tata Cara Dinas Pertanian Dalam Membasmi Hama di Sawah Kampung Kota Baru

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Agung (RWK), – Benih, air dan lahan merupakan tiga pilar pertanian, disamping juga menjadi pintu masuk teknologi budidaya, panen dan pasca panen. Benih bermutu varietas unggul menjadi andalan untuk meningkatkan produksi melalaui peningkatan produktivitas, ditengah kondisi sulitnya perluasan lahan, perubahan iklim dan era otonomi daerah yang memerlukan koordinasi yang baik antara pusat dan daerah.

Untuk memperbaiki kinerja perbenihan yang belum memuaskan diilihat dari proporsi penggunaan benih bersertifikat yang masih rendah, Sehingga Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan Melaksanakan Sosialisasi tentang Benih Jeruk bersama Kelompok Tani Kampung Kota Baru Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan, Rabu (23/6).

Baca Juga  Pasien Covid-19 Kampung Suka Negeri Telah Ditangani

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas TPHP Kabupaten Way Kanan Rofiki, S.T.P., M.M., didampingi oleh Kepala Bidang TPH Dinas TPHP Kabupaten Way Kanan Riantori, S.E.

Foto: Sosialisasi Dinas Pertanian Mengenai Benih Dan Hama di Kampung Kota Baru.

Tamanuri, Sekretaris Kampung Kota Baru Mewakili Pj Kepala Kampung Regen Suharta menjelaskan bahwa pengolahan benih jeruk dengan baik, dapat meningkatkan produksi.

Baca Juga  Tidak Hanya Campang Lapan, Bonglai Juga Bentuk Ranting NU

“Benih jeruk yang bermutu juga berimbas pada hasil produksi melalui peningkatan kemampuan kelompok tani setempat, sehingga nantinya dapat menciptakan produksi benih bermutu secara mandiri dan berkelanjutan,” terangnya.

“Keberhasilan dalam pertanian tentunya merupakan kerja keras dan dukungan dari semua pihak, khususnya dalam upaya pengamanan produksi dari ancaman serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT*red), salah satunya adalah tikus. Karena tikus merupakan salah satu hama utama yang sangat mengancam keberhasilan, bahkan dapat menggagalkan produksi tanaman,” tutup Tamanuri.

Baca Juga  Pembangunan PAMSIMAS Kampung Banjar Sakti Diduga Asal Jadi

Ia melanjutkan, “dengan gerakan Dinas pertanian seperti ini, diharapkan mampu mengendalikan hama tikus di wilayah Kampung Kota Baru dan sekitarnya, sehingga menjadi referensi yang berharga sebagai pijakan untuk memajukan perbenihan pertanian yang dapat menyediakan benih bermutu,”.(RWK/AWAL).