iklan

Camat Gunung Labuhan Pimpin Monev Di Gunung Baru

Gunung Labuhan (RWK)- Untuk mengetahui progres kegiatan pembangunan yang didanai dari dana desa, Tim Pemerintah Kecamatan Gunung Labuhan, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap kegiatan dana desa maupun Anggaran Dana Desa tahun 2022 di kampung gunung baru Senin 20/06/2022

“Radiyus Oktorisa S.STP gunung labuhan meminta kepada seluruh aparatur kampung agar bisa bekerja sesuai tupoksinya masing-masing dan selalu membantu kepala kampung ataupun sekretaris kampung demi untuk kemajuan kampung dia juga meminta kepada BPK kampung supaya bisa menjadi mitra yang baik dan penyeimbang di dalam pemerintahan kampung,” Tekannya.

Di tempat yang sama Rusdi Kasi PMK kecamatan gunung labuhan melakukan pengecekan baik secara administratif SPJ maupun cros cek di lapangan. Bahwa kedepannya diharapkan untuk kegiatan peningkatan kapasitas kemampuan SDM baik warga maupun Perangkat kampung untuk lebih di tingkatkan di tahun 2022 ini dan tahun yang akan datang.

Bacaan Lainnya

Kegiatan monev ini disamping memantau pembangunan yang bersumber dari dana desa, juga mementau kegiatan pembangunan yang ada di kampung yang bersumber dari dana lainnya, seperti ADD (alokasi dana desa).

Baca Juga  Kampung Karang Agung Awali Ramadhan Dengan Panen Raya

Bertempat di Kantor Radiyus Oktorisa S.STP Camat gunung labuhan membuka acara monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan administrasi dan pembangunan desa tahun anggaran 2022. Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Monitoring dari Kecamatan Radiyus Oktorisa S.STP Camat gunung labuhan, Rusdi Kasi PMK, Muhammad Amin Spd kepala kampung gunung baru, Ruli Sekretaris kampung, ketua BPK, PD, PLD, Aparatur kampung, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat.

”Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan kampung pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan kampung, evaluasi serta pelaporan. Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah kampung, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah kampung sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya” imbuhnya dalam penyampaian acara.

Pada kegiatan monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yang ada di kampung. Materi monev terkait pengerjaan administrasi meliputi dokumen APBKAM, SPJ, Dokumen BLT-DD, dan dokumen penting lainnya. Sedangkan terkait pembangunan fisik, telah dilaporkan melalui dokumen pendukung bahwa Dana Desa Tahap 1 selain digunakan untuk penyaluran BLT-DD, juga digunakan untuk pembangunan. Sementara untuk pemeriksaan kegiatan pembangunan fisik dilakukan secara langsung.

Baca Juga  Disiplinkan Aparatur, Kampung Kotabaru Rutin Gelar Apel Pagi

Secara keseluruhan administrasi kampung dan pembangunan fisik sudah berjalan baik, seperti yang disampaikan Camat Gunung Labuhan. “Hasil Monev kali ini untuk kampung gunung baru sudah lengkap dan disarankan untuk melengkapi sedikit beberapa data pendukung yang belum lengkap secara administrasi,” ungkapnya ketika dalam menyampaikan hasil monev.

Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan kampung pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan kampung, evaluasi serta pelaporan. Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah kampung, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah kampung sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya. Secara keseluruhan administrasi sudah berjalan baik, hanya saja perlu koordinasi lebih lanjut antar Kaur dan Kasi agar pengerjaan administrasi kegiatan pemerintah kampung lebih terarah, terperinci, dan teratur sesuai tugas dan tupoksi masing-masing.RWK/ HABIBI A.P

Pos terkait