Bertekad Pertahankan Adipura tahun 2022,Pemkab Way Kanan Gelar Rakor

Blambangan Umpu, RWK – Guna mempertahankan penghargaan Piala Adipura yang kedua kalinya, Pemkab Way kanan menggear Rakor yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul, S.Sos., M.IP didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dwi Handoyo Retno, S.E.MM,  dan dihadiri oleh seluruh stake holder terkait.  

Pada Rapat yang digelar di ruang rapat utama Pemkab Way Kanan tersebut, Sekda Hi. Saipul menginstruksikan kepada seluruh SKPD untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait penilaian Adipura Tahun 2022.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dwi Handoyo Retno, S.E., M.M Menyampaikan bahwa terdapat 15 Titik Pantau Penilaian Adipura, antara lain titik Pantau Perumahan yang dikoordinatori oleh Dinas PMK, titik Pantau jalan yang dikoordinatori Dinas PU, titik Pantau Sekolah yang dikoordinatori Dinas P&K, titik Pantau Perkantoran yang dikoordinatori Bappeda, titik Pantau Pasar yang dikoordinatori Dinas Indag dan seterusnya,”jelas Dwi sapaan akrab Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Way Kanan.

Baca Juga  Usman Karim Himbau Jajarannya Tetap Waspada Covid-19

Dan lanjut Dwi Handoyo Retno, bahwa salah satu upaya untuk mencegah dan mengurangi pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas perkantoran adalah dengan menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) di lingkungan perkantoran melalui konsep Eco-Office atau Green Office, dimana menurutnya, hasil penilaian Kantor Berwawasan Lingkungan pada 13 – 23 Desember 2021 lalu adalah Peringkat I BAPENDA, Peringkat II BPKAD, Peringkat III   DPM-PTSP. Dengan Kategori emas 5 kantor, Kategori hijau 9 kantor, Kategori biru 20 kantor.

Baca Juga  Katanya Naik!!, Tapi Kok Harga Singkong Masih Anjlok

“Kegiatan Pendukung Adipura di Kabupaten Way Kanan meliputi Kantor Berwawasan Lingkungan (Eco Office), Adipura Kampung, Dana Desa untuk Desa Peduli Lingkungan, serta Kawasan Wajib Tumbler dan Ruang Terbuka Hijau,” tambahnya

Dalam pada itu rencana pelaksanaan program Adipura Pada Tahun 2022 tersebut meliputi pelaporan pelaksanaan Jakstrada Tahun 2021 pada bulan Januari yang dilanjutkan dengan, rakoor adipura, update kebijakan dan strategi daerah (Jastrada) pada Bulan Juni dan Update Ke 2 Kebijakan dan Strategi (Jastrada Pada Bulan Desember).

Baca Juga  Kepala Kampung Gunung Labuhan Ajak Warganya Terapkan Protokol Kesehatan

“Selain hal hal diatas lanjut Mantan Kabag. Ekonomi Setrdakab Way kanan itu bahwa,  keterlibatan masyarakat dan Komunitasi setempat sangatlah penting dalam mewujudkan tercapainya Kabupaten yang bersih, teduh, indah dan berkelanjutan  sesuai dengan tujuan program adipura”. Imbuhnya.RWKI/HARBA