Aktivitas Pasar Masih Abai Protokol Kesehatan

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Berita Suara"]

Blambangan Umpu, RWK- Seiring dengan bertambahnya jumlah Covid-19 di Kabupaten Way Kanan, dari hari ke hari yang terus meningkat tidak membuat masyarakat yang hunting (Berbelanja) di Pasar Km 2 Blambangan Umpu Way Kanan sadar terhadap akan pentingnya menerapkan protokol Kesehatan (Prokes). Minggu (10/01).

Pasar yang jaraknya tidak jauh dari Pusat Pemerintah Daerah (Pemda) Way Kanan ini. Seolah luput dari perhatian pemerintah setempat, karena tidak adanya petugas yang menertibkan serta menghimbau secara langsung terkait akan pentingnya menerapkan protokol Kesehatan.

Baca Juga  Panen Raya Padi di Kampung Gedung Jaya

Seharusnya Pemerintah yang mempunyai wewenang untuk menertibkan serta menggaungkan protokol Kesehatan, yang semestinya ditemukan untuk melakukan patroli (Pengawasan di pasar) namun miris ternyata sejauh ini belum terjadwalkan secara masif dari pihak yang berkompeten terkait hal itu, padahal Way Kanan sudah porak-poranda akibat Covid-19.

Peran dan fungsi pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam hal ini wajib dipertanggungjawabkan. Karena sejauh ini aturan yang sudah jelas itu seolah hanya tinggal sebuah aturan dan peringatan saja namun tidak dilaksanakan, karena kenyataannya di lapangan jauh dari menerapkan protokol Kesehatan dengan tidak memakai masker serta jauh dari physical distancing, disisi lain juga kurangnya tindakan yang instensif dari instansi terkait.

Baca Juga  Pemerintah Kampung Purwo Agung Bagikan BLT DD Tahap 4

Saat Dikonfirmasi Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol-PP) Way Kanan mengatakan bahwa pihaknya telah peduli terhadap hal itu namun tidak dihiraukan.

“Kami sudah sering melakukan penertiban ke pasar itu, tapi begitu kami pergi mereka balik ke asal lagi dengan tidak melakukan protokol Kesehatan,” Ungkap Kasat Pol-PP itu,” Minggu (10/01).

Masih kata dia, saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kabag Ops Polres Way Kanan, Pasi ops Kodim, untuk melakukan koordinasi terkait hal ini dan akan dibuatkan penugasan.

Baca Juga  Edukasi KIE Berbasis Virtual

“Saat ini sedang kami koodinasikan dengan Kabag Ops Polres dan Pasi OPS Kodim. Minggu depan akan kami buat penugasan untuk hari minggu, yang terdiri dari Satpol PP, BPBD, Instansi terkait dan lainnya,” Imbuh Kasat sembari dirinya berharap untuk saling mengingatkan serta berperan aktif dalam hal ini.

“Ayo sama-sama kita berperan mengingatkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memakai masker, dan menerapkan Protokol Kesehatan” Tutupnya.
RWK.