SMPN 1 Negeri Besar Lakukan Simulasi ANBK

RADARWAYKANAN.COM,NEGERIBESAR, – SMP Negeri 1 Negeri Besar mulai melakukan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sesi pertama. Sabtu (24/9)

ANBK adalah penilaian yang fokus melakukan tindakan evaluasi input, proses, dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu, selain itu ANBK juga sebagai sebuah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.

Baca Juga  Kuliahkan Wartawan, Radar Way Kanan Gandeng STAI AL MA'RIF

Pelaksanaan ANBK bisa dilakukan secara online dan semi-online, Peserta yang berhak mengikuti ANBK adalah para siswa yang berada di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Berdasar keterangan dari Kepala Sekolah SMA Negeri Besar, Suyatno, M.Pd. bahwa ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Baca Juga  Qotmil Qur'an Santri Almuhsinin Bumi Rejo

“Yang pertama Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa, kedua Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa, dan ketiga Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan,”

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan ANBK yang telah diikuti oleh 35 peserta tersebut berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun, meskipun hal itu merupakan hal baru yang dilakukan.

Baca Juga  Polisi Datangi TKP Satu Orang Tenggelam Diduga Terbawa Arus Sungai Kasui

“Alhamdulillah ANBK SMP Negeri Besar untuk sesi pertama terlaksana dengan lancar, aman dan sukses, dengan harapan diperoleh hasil yang maksimal dan memberi gambaran kondisi riil SMP Negeri Besar sesuai tujuan pelaksanaan ANBK”, pungkasnya.RWK/Joni