Siltap Molor, Perangkat Kampung Tekor

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Blambangan Umpu,- RWK– Perangkat Kampung, di Way Kanan, Lampung menjerit, akibat lambannya penyaluran penghasilan tetap (siltap).Problematika penyaluran Penghasilan Tetap yang tidak tepat waktu tersebut bukan pertama kalinya, namun sudah berkali-kali, sehingga acap kali mereka (Perangkat Kampung) mempertanyakan kapabilitas dinas terkait akan hal tersebut.

“Kami sudah melakukan pengajuan sesuai dengan regulasi yang ada, baik di tingkat kecamatan bahkan sudah di verifikasi dinas PMK Kabupaten Way Kanan, tidak ada kendala lagi di pemberkasan, namun sejauh ini kami sangat diherankan penyaluran tetap saja tak kunjung dicairkan, dan ini kerap terjadi bukan hanya sekali saja namun berkali-kali. Semestinya hal tersebut menjadi progres dan titik fokus yang perlu di evaluasi,” ujar narasumber terpercaya Radar Way Kanan.

Baca Juga  Zona Hijau Jangan Lengah

Penyaluran siltap yang terkesan bertele-tele ini, tambahnya, jika dianalogikan dengan penyakit, mungkin saja sudah mengidap penyakit kronis yang akut, seolah menjadi permasalahan yang krusial tanpa solusi.

“Bayangkan saja, saat ini sudah memasuki triwulan ke-4. Namun, untuk triwulan ke- 3 saja belum secara full disalurkan ( baru disalery bulan 7, red), atas latar belakang ini, membuat kami mempertanyakan mereka (Dinas terkait, red), dan menduga apakah benar-benar kerja profesional atau tidak, kalau kami di kampung progres kerja dan pelayanan itu nomor satu dan kami amanah akan hal itu, tapi kami mohon yang sudah menjadi hak kami, disegerakan,”tegas narasumber terpercaya tadi.

Baca Juga  Susi Air Landing dan Take Off Perdana

Atas latar belakang tersebut, saat dikonfirmasi Bidang Keungan Aset dan Pembangunan Dinas PMK Kabupaten Way Kanan, Rawan Utara S.T mewakili Kadis PMK, mengatakan, bahwa terkait siltap semua dokumen kampung sudah masuk ke Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD) dan tinggal proses penyaluran.

“Mohon izin kalau terkait siltap, kami masih menunggu informasi dari BPKAD selaku penyalur siltap, karena BPKAD yang tahu pasti ketersediaan anggarannya, kami (dinas PMK, red) skedar memfasilitasi proses pengajuan penyalurannya saja, dan dokumen pengajuannya sudah diajukan sampai triwulan ke- 3, kalau triwulan ke- 4 memang belum diajukan, karena penyaluran siltapnya masih sampai triwulan ke-3,”jelasnya.Sementara, BPKAD Way Kanan proses konfirmasi. RWK/OAF