Program KIA Gizi UPT Puskesmas Negeri Agung

Foto: kegiatan posyandu di kampung Sungsang

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Agung (RWK),- Kegiatan Rutin Bulan Bidan Desa dan Program KIA Gizi UPT Puskesmas Negeri Agung Pelayanan Posyandu bayi,balita dan periksa ibu hamil serta EPPGBM Gizi bayi,balita di posyandu Kampung Sungsang Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan.20/06/2021.

Nike apriliya sari,selaku Bidan desa mengatakan, Posyandu merupakan suatu wadah kegiatan yang merupakan proses titik temu antara pelayanan profesional dari petugas kesehatan kampung atau desa dan peran serta masyarakat dalam menanggulangi masalah kesehatan, terutama dalam upaya menurunkan angka kematian ibu, bayi dan angka kelahiran bayi dalam suatu kampung atau desa.

Kegiatan posyandu ini merupakan kegiatan rutin yang di adakan setiap bulannya. Kegiatan Posyandu kali ini, untuk ibu hamil,Bayi dan Balita dengan agenda pembagian Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Kegiatan dilaksanakan dengan tetap memberlakukan protocol kesehatan yang ketat.

Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan.

Baca Juga  Pengurus Muhammadiyah Lakukan GORO Pembangunan Gedung Dakwah

Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu (pos pelayanan terpadu) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya. Posyandu merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera, dilaksanakan oleh keluarga bersama dengan masyarakat di bawah bimbingan petugas kesehatan dari puskesmas setempat. Sasaran utama kegiatan posyandu ini adalah balita dan orangtuanya, ibu hamil, ibu menyusui dan bayinya, serta wanita usia subur. Sedangkan yang bertindak sebagai pelaksana posyandu adalah kader.

Baca Juga  Nikmati jalan Mulus, Warga Kampung Pulau Batu Ucapkan Terimakasih Kepada Gubernur Lampung

Para kader posyandu menempati di meja tugas sesuai dengan tugas masing-masing. Ada yang bertugas di meja pendaftaran, di meja pencatatan kartu KMS, dan di meja penimbangan. Dan kader yang lain membantu petugas kesehatan untuk memanggil nama bayi yang akan diperiksa, dan memisahkan kartu KMS sesuai dengan umur. Kader adalah seorang tenaga sukarela yang direkrut dari, oleh dan untuk masyarakat, yang bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan. Keberadaan kader sering dikaitkan dengan pelayanan rutin di posyandu. Sehingga seorang kader posyandu harus mau bekerja secara sukarela dan ikhlas, mau dan sanggup melaksanakan kegiatan posyandu, serta mau dan sanggup menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan posyandu.

Baca Juga  Pererat Silaturahmi, Ponpes Asshiddiqiyah Kunjungi Camat Gunung Labuhan

Kegiatan Posyandu di laksana kampung Sungsang ini bertujuan mengetahui tumbuh kembang balita dan ibu hamil serta memberikan penyuluhan tentang gizi dan pentingnya memberikan ASI Exklusif kepada bayi yang baru lahir.

Dengan kegiatan rutin posyandu balita ini, diharapkan kesehatan balita bisa terpantau, dan mendapatkan imunisasi yang sangat berguna sebagai kekebalan bagi bayi terhadap berbagai penyakit. Dengan bayi yang sehat, mudah-mudahan akan tumbuh generasi penerus yang sehat.RWK/A.Said