iklan

PKK Rantau Jaya Galakan Pemanfaatan Lahan Kosong

Banjit (RWK),– Kelompok Perempuan Tani Kampung Rantau jaya didampingi oleh ibu Asmarayanti TP-PKK kampung bersama seluruh anggota dan kader, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong untuk menanam sayuran dan kebutuhan rumah tangga. Sehingga, dapat memperkuat ketahanan pangan keluarga, bahkan menambah pemasukan, Minggu 21/03/2021.

Asmarayanti Ketua TP PKK Kampung Rantau Jaya mengatakan kondisi tanah yang mendukung, membuat sebagian masyarakat sudah memiliki kebiasaan memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayuran. Namun, semua itu tak lepas dari peran lingkungan yang saling mendukung dalam pemanfaatan pekarangan dan lahan kosong.

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Sosial Tinggi, H.Mulyadi dan Kakam Bonglai Tanggap Antar Warganya Yang Dapat Musibah

“Makanya lingkungan harus kita bina. Kalau lingkungan tidak memanfaatkan pekarangan, Tim Penggerak PKK yang kita bina, agar menumbuhkan keinginan masyarakat, memberikan penyuluhan agar pemanfaatan pekarangan dimaksimalkan. Apalagi saat Covid, di mana ibu-ibu di rumah memiliki waktu luang,”bebernya.

Ditambahkan, untuk menarik minat masyarakat, Kelompok Perempuan Tani dan kader PKK diminta untuk memberi contoh dengan mengelola pekarangannya. Yang paling mudah, menanam bayam, kangkung, cabai, tomat,terong, dan kacang panjang. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sayuran juga bisa menghasilkan uang bila dijual dan dapat menjadi pemasukan tambahan bagi ibu-ibu rumah tangga.

Baca Juga  Miris!! TKSK Gunung Labuhan Tidak Mengetahui Terdapat KPM BPNT Terhapus

Sementara itu, Ketua TP PKK Kampung Rantau jaya ibu Asmarayanti menambahkan, di masa pandemi ini mau tidak mau masyarakat memang diajak untuk tetap berinovasi, termasuk PKK. Tim PKK kampung dan Kelompok Perempuan Tani telah melakukan inovasi ketahanan pangan, mulai dari pembinaan masyarakat memanfaatka lahan pekarangan sampai melakukan pemasaran hasil lahan, sehingga meski diterpa pandemi masyarakat tetap bisa bertahan dengan baik. Seperti tetap bisa memenuhi kebutuhan pribadi dan juga bisa menambah pemasukan keluarga melalui produk olahan yang bisa dijual.
Selain untuk memenuhi kebutuhan pribadi juga ada hasil ekonomi. RWK-W/HABIBI A.P

Pos terkait