PESERTA KPB WAYKANAN AKAN ADAKAN DEMO PENEBUSAN PUPUK NON-TUNAI

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Blambangan Umpu- Meskipun Kabupaten Way Kanan Unggul Dan Sejahtera namun tidak dapat lepas dari Way Kanan Bumi Petani seperti semboyan mantan Bupati Way Kanan Bustami Zainudin, Hal ini nampak pada mayoritas sektor usaha masyarakat Way Kanan dibidang pertanian yangtersebar di 15 Kecamatan, 221 kampung dan 6 Kelurahan.

Yang mana, disampaikan Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya S.H MM pada Bazar UKM/IKM di Way Kanan yang dihadiri lansung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bahwa di Kabupaten Way Kanan terdapat 2.845 Kelompok Tani, sementara petani yang sudah menyusun Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) sebanyak 55.519 petani, yang sudah membuka rekening sebanyak 30.817 petani, yang sudah teregistrasi dalam Kartu Petani Berjaya (KPB) sebanyak 6.816 petani, yang terdiri dari Kecamatan Negara Batin sebanyak 772 petani, Kecamatan Bahuga sebanyak 2.026 petani, Kecamatan Buay Bahuga sebanyak 3.060 petani dan Kecamatan Pakuan Ratu sebanyak 406 petani serta 552 Petani di Kecamatan Lainnya.

Baca Juga  PCNU Way Kanan Gelar Kegiatan Bhakti Ramadhan

Lanjut Adipati di Kabupaten Way Kanan terdapat Dua Kecamatan yang menjadi Lokasi Khusus dalam melakukan penebusan pupuk yang telah berlangsung sejak Januari 2021 lalu melalui Kartu Petani Berjaya yang sementara transaksi masih dilakukan secara tunai.


“Dari 6.816 petani peserta KPB, Kartu KPB yang telah tercetak sebanyak 1.567 dan sudah terdistribusi ke petani sebanyak 501 kartu, kemudian ada 83 Kelompok Tani di Kecamatan Buay Bahuga dan Kecamatan Bahuga yang menjadi lokasi khusus KPB telah melakukan penebusan pupuk melalui Aplikasi KPB sejak Musim Tanam I (satu), namun transaksi masih dilakukan secara tunai. Total penebusan pupuk untuk Urea sebanyak 283,741 Kg, NPK sebanyak 314,254 Kg dan Organik 1.674 Kg. Pada Musim Tanam III, Transaksi non tunai akan dilakukan, dan pada saatnya nanti akan kita saksikan demo penebusan pupuk melalui transaksi non tunai untuk peserta KPB.
Alhamdulillah dari 15 Kabupaten/kota di Provinsi Lampung, baru Kabupaten Way Kanan yang melakukan pembelian pupuk dengan aplikasi KPB sejak Bulan Januari Tahun 2021/Musim Tanam 1 (satu) sampai dengan pada Musim Tanam 3 (tiga) sudah bertransaksi menggunakan non-tunai. Selain itu, Total luas lahan Petani di Kabupaten Way Kanan yang mengikuti Program Asuransi Usaha Tani (AUTP) di Kabupaten Way Kanan seluas 1.480,71 hektar.
“Dari 6.816 petani peserta KPB, Kartu KPB yang telah tercetak sebanyak 1.567 dan sudah terdistribusi ke petani sebanyak 501 kartu, kemudian ada 83 Kelompok Tani di Kecamatan Buay Bahuga dan Kecamatan Bahuga yang menjadi lokasi khusus KPB telah melakukan penebusan pupuk melalui Aplikasi KPB sejak Musim Tanam I (satu), namun transaksi masih dilakukan secara tunai”papar Bupati Dua Periode itu. Kemarin Senin (15/11).

Baca Juga  Pemerintah Kampung Way Limau Bagikan BLT-DD & Insentif Kelembagaan

Adipati Juga mengucapkan terima kasih atas bantuan-bantuan yang disalurkan, melalui Pemerintah Provinsi Lampung, terutama di Bidang Pertanian, Sub Sektor Tanaman Pangan, Hortikultura, Peternakan dan Perkebunan serta alat dan mesin pertanian yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat petani di Kabupaten Way Kanan. (RWK/Kadarsyah).