Inovatif, Lapas Way Kanan Asah Skill Napi Budidaya Lele

Foto : Kalapas Beserta warga Binaan sedang mempraktekan

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Blambangan Umpu-RWK, – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Way Kanan kembali mengadakan Pelatihan Kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kali ini adalah pelatihan kemandirian bidang perikanan yaitu budidaya ikan lele yang diikuti oleh 25 orang peserta narapidana yang telah diseleksi.

Materi pelatihan diberikan oleh Instruktur-instruktur dari Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan yang memberikan ilmunya tentang tata cara budidaya ikan lele, mulai dari Pengantar budidaya ikan lele oleh penyuluh perikanan muda, Joko Widodo. Pembenihan ikan lele oleh penyuluh perikanan muda, Miskun Susilo dan Budidaya pembesaran ikan lele oleh penyuluh perikanan muda, Darius SM.

Baca Juga  Kampung Gunung Cahaya Lakukan Penyemprotan Desinfektan

“ Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan agar ketika mereka bebas kelak dapat menciptakan lapangan kerja mandiri.” Ujar Syarpani Kepala Lapas Kelas IIB Way Kanan saat mendampingi kegiatan pelatihan, dan untuk mencapai hal itu, kami sengaja menggandeng Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan, guna memberikan pelatihan kepada 25 Napi yang telah diseleksi, imbuhnya.

Foto : Kalapas Beserta warga Binaan sedang mempraktekan

Sementara itu, Penyuluh Muda Perikanan, Miskun Susilo menyampaikan bahwa materi dimulai dari Pengantar budidaya ikan lele, Pembenihan ikan lele dan Budidaya pembesaran ikan lele untuk materi di kelas.

Baca Juga  Jumat Bersih di Kampung Campang Lapan

” Materi di kelas yaitu Pengantar budidaya ikan lele, Pembenihan ikan lele dan Budidaya pembesaran ikan lele dan praktek lapangan pemijahan dan pemberian pakan. “, terang Miskun.

Terpisah, MP, (35) salah satu warga binaan peserta pelatihan menyampaikan ucapan terimakasih atas pelatihan yang diberikan oleh pihak lapas.

Baca Juga  Implementasi Pembangunan Kampung Pulau Batu Dari Tahun Ke Tahun Berkembang Pesat


” Yang kami teriama dilapas ini belum tentu kami dapatkan diluar, itu semua atas pemikran yang dalam dari pimpinan lapas, untuk itu saya pribadi tentu akan memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, sehingga nanti sekeluarnya saya dari sini ( Lapas red ) ilmu yang saya dapat ini dapat langsung saya terapkan ( budidaya ikan lele red ) karena selain mudah juga pemasarannya gampang karea semua masyareakat menyukai ikan lele,” ujar MP. RWK/WN