Perkuat Keamanan Wilayah, Kepala Kampung Bumi Baru Aktifkan Linmas

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Blambangan Umpu(RWK),- Kepala Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan Abdullah Candra Kurniawan S.H Aktifkan peran Linmas (Perlindungan Masyarakat) untuk perkuat keamanan wilayah Kampung serta menjaga kenyamanan lingkungan Kampung setempat.

Rasa aman merupakan kewajiban bagi warga Negara yang harus dipenuhi oleh Negaranya, Linmas merupakan salah satu pilar dan komponen pentign dalam penyelenggaraan keamanan dan ketertiban di suatu kelurahan, sehingga dalam fungsi strategis Linmas membantu dan melaksanakan terciptanya pengamanan dan ketertiban di lingkungan wilayah Kelurahan.

Baca Juga  Hi Saipul Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan TMMD ke-111 TA. 2021

Satuan Linmas merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta ketrampilan untuk melaksanakan pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat. Kegiatan rutin jaga malam (Ronda) merupakan kegiatan yang menjadi tugas rutin anggota Linmas pada malam hari. Tentunya kegiatan ini dilakukan bersama dengan masyarakat Kampung. Seperti yang di lakukan hingga sampai hari ini di Kampung Bumi Baru.

Baca Juga  Siap Layani Masyarakat, Pria Ramah Ini Maju Di Pilkakam Negeri Baru

Kepala Kampung Bumi Baru Abdullah Candra Kurniawan menjelaskan bahwa tujuan diaktifkannya kegiatan rutin jaga malam (Ronda) oleh Linmas bersama masyarakat, agar masyarakat lebih peduli terhadap keamanan, ketertiban dan kenyamanan Kampung.

Ia mengatakan khusus di Kampungnya, sebenarnya kegiatan ronda malam ini sudah ada sejak periode Jabatan Kepala Kampung yang sebelumnya.

“Sebenarnya kegiatan rutin jaga malam yang dilakukan oleh Linmas ini, sudah ada sejak Kakam yang sebelumnya. Tapi, ada beberapa yang berhenti dan diganti dengan anggota yang baru,” jelasnya.

Baca Juga  Zainal Aripin Siap Bersaing Dengan 4 Calon lainnya

Lebih lanjut, Abdullah Candra Kurniawan menuturkan untuk saat ini jumlah anggota Linmas di Kampung Bumi Baru sendiri berjumlah 21 orang. Dan untuk sistem penjagaan dilakukan secara bergantian setiap harinya.

“21 orang itu berkeliling bersama seminggu sekali, kalau untuk permalemnya 2 sampai 3 Linmas yang menjaga di Balai Kampung,” tutupnya. (RWK/Dima)