Peringati Harganas, P3AP2KB Gelar Pelayan KB Gratis Di Dua Kecamatan

Foto : Proses pemasangan Implants oleh tim medis kepada peserta KB di balai Kampung Gunung Baru


[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Gunung Labuhan-RWK, – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke-28 di Kabupaten Way Kanan P3AP2KB Baradatu – Gunung Labuhan yang bekerja sama dengan Puskesmas Gunung Labuhan mengisi dengan kegiatan bakti sosial berupa pelayanan KB gratis di balai Kampung Gunung Baru kecamatan Gunung Labuhan.

Kepala UPT P3AP2KB Baradatu-Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan, Joni Efendi SE mengatakan, pelayanan KB gratis ini dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diadakan serentak mulai dari pemerintah daerah hingga ke pemerintah kampung.

“Kita gelar serentak mulai dari kabupaten hingga ke kecamatan dan Kampung,untuk dikecamatan Gunung Labuhan sendiri kita memiliki target 50 peserta”ungkapnya,Kamis(24/06).

Baca Juga  KOMPAKNYA APARATUR BONGLAY DAN WARGANYA

Kegiatan pelayanan KB gratis tersebut diikuti para peserta dengan berbagai jenis pelayanan KB.

Semisal metode kontrasepsi jangka panjang seperti IUD, implant.

“Kita melakukan pelayanan gratis ini untuk meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat Way Kanan khusus nya kecamatan Gunung Labuhan dan juga memperingati Harganas ke-28 Serta peringatan IBI ke-70,” kata Joni.

Selain itu, dalam acara tersebut pihaknya juga akan memberikan pelayanan metode kontrasepsi jangka pendek seperti pil, suntik KB dan alat kontraksepsi.

Baca Juga  Masyarakat Urunan Membuat TPA

“Untuk jenis suntik,sudah kita lakukan kemarin oleh tim medis dari puskesmas Gunung Labuhan”imbuhnya.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan akses pelayanan KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang di wilayah dan sasaran khusus terutama di Kabupaten Way Kanan khususnya kecamatan Gunung Labuhan dan Baradatu.

“Untuk program KB masih harus terus dilakukan karena masih ada masyarakat yang belum menyadari pentingnya KB. Untuk pelayanannya kita bagi tiga yakni di balai Kampung Gunung Baru,RS H.Kamino,dan Balai Kampung Bumi Merapi dengan menurunkan tim medis dari Puskesmas Baradatu”jelasnya.

Adapun pembagian tersebut agar dapat menimalisir tingkat kerumunan yang berlebihan.

Baca Juga  Tak Adanya Sanksi Tegas Terhadap ASN Bolos

Perencanaan keluarga adalah poin penting yang harus dipersiapkan setelah menikah dengan perencanaan keluarga yang matang, pasangan bisa mengembangkan diri dan karier.

Kemampuan untuk merencanakan kehamilan termasuk memilih kontrasepsi juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan bagi perempuan.

“Di sisi lain, kasih sayang dan kebutuhan finansial untuk anak bisa dimaksimalkan, maka dari itu kami mengajak seluruh pasangan usia subur dalam rangka menjarak kehamilan dan menjaga harmonisasi rumah tangga, untuk mengikuti program pelayanan KB Gratis dalam rangka Harganas ke-28”,pungkas Joni.RWK/KDR