Penyaluran BLT DD Tahap Pertama Tahun 2021 Bali Sadar Tengah

Foto: Nyoman sudirga kepala Kampung Bali sadar Tengah memberikan pengarahan saat pembagian BLT DD.

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Banjit (RWK),- Pemerintah Kampung Bali sadar Tengah merealisasikan Penyaluran BLT DD Tahap Pertama Bulan Januari 2021 dilaksanakan di kantor kampung Bali sadar Tengah Kamis (22/04).

Pembagian BLT DD tahap pertama tahun 2021 sebanyak 23 KPM kepada Keluarga Penerima Manfaat serta pembayaran insentif RT, linmas, kader posyandu, guru ngaji, guru baca Weda, dan marbot di Kampung Bali sadar Tengah Kecamatan banjit.

Jumlah tersebut sesuai dengan hasil pendataan KPM yang diperoleh dari muasyawarah di tingkat RT dan dusun untuk kemudian ditetapkan di tingkat kampung melalui Musyawarah Kampung (Muskam).

Pembagian BLT DD di hadiri camat banjit yang diwakili oleh sekcam Wayan Sudra s.sos, Nyoman sudirga kepala Kampung Bali sadar Tengah, bhabinkamtibmas, Babinsa, pendamping lokal desa, tim relawan covid 19 kampung, TP PKK kampung dan seluruh aparatur kampung.

Adapun penentuan penerima BLT DD didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik melalui PKH, BPNT, BST maupun program bansos lain.

Foto: penyerahan BLT secara simbolis.

Kriteria tersebut ditetapkan agar memudahkan pendataan calon KPM agar tidak menerima bantuan ganda yang bersumber dari anggaran Pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan.

Penyaluran BLT dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti mempersiapkan tempat duduk berjarak agar tidak terjadi kerumunan, melakukan pengecekan suhu sebelum memasuki kantor kampung, mencuci tangan, serta mengenakan masker.

Masing-masing KPM menerima bantuan sejumlah Rp. 300.000,- yang bersumber dari Dana Desa. Pemerintah Kampung berharap dengan adanya BLT DD ini dapat memberikan sedikit keringanan kepada warga dalam menjalani hidup ditengah Pandemi Covid-19.

Baca Juga  Tekab 308 Berhasil Ringkus Diduga Pelaku Curas Sepeda Motor di Banjit

Bagi kampung yang sudah merealisasikan BLT DD maka diperbolehkan pengajuan tahap BLT DD ke-tahap selanjutnya dengan melampirkan tanda terima penyaluran BLT kepada KPM penerima bulan sebelumnya sebagai syarat pengajuan dana ke BPKAD Kabupaten way kanan.

(RWK/HABIBI A.P)