Pemerintah Kampung Menanga Jaya Bersama Warga Gotong Royong Membuat Jalan Usaha Tani

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Banjit (RWK)– Bardaliza kepala kampung Menanga Jaya bersama Kadus dusun 1 membuat badan jalan untuk rabat beton yang menuju akses jalan ke perkebunan menggunakan dana 20% ketahanan pangan sepanjang 1000 meter dan lebar 4 meter Jumat 19/08/2022.

Selain membuka badan jalan, gotong royong yang menjadi aktivitas rutin bagi masyarakat setempat itu juga dilakukan dengan menata dan membersihkan lingkungan.

Bardaliza kepala kampung Menanga Jaya mengatakan kepada jurnalis Radar Waykanan, pembukaan badan jalan produksi itu dilakukan untuk memperlancar mobilitas warga terutama petani, selain itu manfaat kedepannya untuk perluasan pemukiman.

Baca Juga  Wah ! Warga Kalipapan Perbaiki Gorong gorong Secara Swadaya

“Dengan telah dibukanya badan jalan ini, maka menjadi tanggung jawab kami untuk mengupayakan pembangunan lanjutan seperti yaitu nantinya jalan ini akan di rabat beton,” ujarnya.

Menurutnya, meski hanya menggunakan peralatan seadanya namun tak mengurangi semangat puluhan warga.

“Kondisi jalan yang sempit dan berada di tengah perkebunan warga ini mengharuskan ada pelebaran sisi kiri dan kanan jalan, karena hanya mengandalkan peralatan manual kerjanya memang agak sulit dan lebih berat, namun karena adanya kegotong royongan warga, bisa lebih ringan,” katanya.

Baca Juga  Diduga SPBU Negeri Baru Menjual Ribuan Liter BBM Ke Pengecer Pakai Jerigen Tanpa Kantongi Surat Ijin

Bardaliza menambahkan, bahwa sesuai kondisi geografis wilayah yang berbukit dan kebutuhan dasar, maka fokus pembangunan masih terpaku pada peningkatan akses jalan.

“Dengan kondisi area perkebunan warga dan jarak antara pemangku satu dengan pemangku lainnya berada di wilayah berbukit maka itu harus didukung oleh akses yang memadai, sebab dengan dukungan sarana jalan yang baik dan memadai maka dapat menunjang aktivitas warga untuk kegiatan yang dilakukan sehari-hari,”jelasnya.

Baca Juga  Siap Siap Sambut HUT RI, Warga Kampung Bandar Dalam Bersih bersih Lingkungan

“Dengan adanya kegiatan pembukaan badan jalan ini, kami harapkan nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bidang transportasi agar lebih mudah dan lancar,” harapnya.

Bardaliza kepala kampung Menanga Jaya memberikan apresiasi kepada warganya yang selalu dan terus menerus mendukung segala program pemerintah, dalam kebersamaan membangun kampung menjadi lebih baik lagi.RWK