Pembinaan dan Refreshing Kader Posyandu dan Pos Lansia oleh UPT Puskesmas Banjit

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Banjit (RWK)-UPT Puskesmas Banjit melaksanakan Pelatihan dan Refreshing Kader Posyandu dan Pos Lansia kampung Sumber Baru Kecamatan Banjit yang dalam hal ini di selenggarakan oleh programer Promkes Puskesmas Banjit untuk Kader Lansia, bertempat di Balai Kampung Sumber Baru, (15/3)


Acara yang di hadiri oleh kader posyandu dan kader lansia di kampung Sumber Baru dan aparat kampung, bidan desa serta Tim dari Puskesmas Banjit Drg.Kresna Wibawa, progremer Promkes I Nengah Herman, MM dan Rozes Willem, MM.

Baca Juga  Warga Mulya Agung Berbondong Bondong Ikut Vaksinasi


” Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,”Ujar Nengah/

” Kader Posyandu menurut Depkes RI (2003) merupakan anggota masyarakat yang dipilih dari dan oleh masyarakat, mau dan mampu bekerja bersama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan secara sukarela. Sementara menurut WHO (1998) merupakan laki-laki atau wanita yang dipilih oleh masyarakat dan dilatih untuk menangani, masalah-masalah kesehatan perorangan maupun yang amat dekat dengan tempat-tempat pemberian pelayanan kesehatan,”Tambahnya.

Baca Juga  Satbinmas Polres Way Kanan Salurkan Baksos di HUT Satpam ke-41


Sementara itu Rozes Willem, MM mengatakan bahwa Kader juga mempunyai peran yang strategis yaitu memberikan penyuluhan perorangan sesuai hasil layanan, Melakukan rujukan kepada petugas kesehatan / sarana kesehatan (bila petugas kesehatan tidak hadir), mengunjungi sasaran yang tidak hadir dikelompok usia lanjut, serta melakukan pencatatan.

Acara Pembinaan dan Refreshing Kader ini ditutup dengan Deklarasi GERMAS yaitu :1) Aktivitas fisik, 2) Budayakan makan buah dan sayur, serta 3) Cek kesehatan rutin juga kunjungan rumah untuk Pelayanan kesehatan. (RWK-W/Andre)