Pembangunan Jalan Usaha Tani Maksimalkan Potensi Pertanian di Kampung Negeri Besar, Way Kanan

RADARWAYKANAN.COM, Negeri Besar, – Dalam upaya peningkatan perekonomian di Kampung Negeri Besar dalam sektor pertanian, tentunya harus ada faktor penunjang yang memadai. Salah satunya pembangunan akses Jalan Usaha Tani (JUT).

Pirdaus kepala kampung negeri besar menjelaskan, Sebagai Wujud peran serta pemerintahan kampung dalam meningkatkan perekonomian masyarakat kampung di bidang pertanian tentunya ada faktor penunjang yang memadai, salah satunya adalah askes jalan yang langsung menyentuh ke lahan pertanian. Sehingga memudahkan para petani dalam menjalankan aktifitas pertanian baik dalam proses pengolahan tanah, perawatan, hingga hasil panen sesuai dengan RKP Kampung Negeri Besar Tahun 2024 pelaksanaan pembangunan jalan usaha tani dengan Anggaran 122.000.000 memiliki Panjang 80 M, lebar 3 Meter.

Baca Juga  Kukuhkan Tim Laba-Laba Kecamatan Bumi Agung.. Ali Rahman kita semua Saudara

“Pembangunana rabat beton jalan usaha Tani 80 x 3M kampung Negeri Besar kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan sudah selesai 100℅. Kami sudah menargetkan jalan usah tani harus selesai sebelum musim panen hingga nantinya, masyarakat dapat dengan mudah mengeluarkan hasil panennya,” tutur Firdaus.

Lebih lanjut Pirdaus menjelaskan dengan adanya Peningkatan Jalan Usaha Tani ini diharapkan dapat membantu Masyarakat petani yang ada dikampung Negeri Besar dalam meningkatkan produksi pertanian dan bertujuan untuk mempermudah akses para petani dalam memperluas jalur distribusi hasil pertanian, serta meningkatkan pendapatan petani.

Baca Juga  Pemkam Bumi Agung Kembali Rralisasikan BLT DD Tahap 3 Tahun 2023

Disisi lain Program Pembangunan Jalan Usaha Tani merupakan program yang sejalan dengan tujuan pembangunan pertanian nasional yakni menyediakan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia, meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan ekspor bahan pangan.Dengan dibangunnya Jalan Usaha Tani diharapkan bisa memudahkan dalam mobilitas sehingga mampu menekan biaya produksi pertanian.

Baca Juga  Kepala Kampung Banjaratu Bersama Mahasiswa KKN Unila, Lakukan Pengecekan Diabetes Melitus

RWK/JONI