Muda Mudi Gelar Pentas Seni Canggot Muli Mekhanai

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Berita Suara"]

Lampung Utara RWK- Muda-Mudi Kecamatan Hulu Sungkai Gelar Pentas Seni dan Canggot Muli-Mekhanai di Kantor Kecamatan Hulu Sungkai Kabupaten Lampung Utara, Sabtu (19/12) Kemarin.

Dalam pentas seni yang digelar Sabtu malam (19/20) tersebut merupakan inisiasi dari pemuda maupun pemudi (Muli Mekhanai) yang berasal dari masing-masing kampung se-Kecamatan Hulu Sungkai.

Karena Pentas seni dan canggot itu merupakan acara adat sehingga tidak hanya mengundang Muda-mudi yang berasal dari beberapa Kampung yang ada di Kecamatan Hulu Sungkai saja, namun Muda-mudi yang berasal dari luar Kabupatenpun turut di undang dalam kesempatan tersebut, contohnya muda-mudi yang berasal dari Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan.

Baca Juga  Pemerintah Kampung Tiuh Baru Realisasikan BLT DD,Hudson: Semoga Dapat Membantu Masyarakat

Turut hadir dalam kesempatan itu yakni PLT Camat Hulu Sungkai Idris SE,MM. Ir, Ansori Djausal M.T sebagai Ketua Lembaga Adat Gunum Ragom Sungkai Bunga Mayang ,Arief Al Hasan Anggota DPRD Lampung Utara, Kepala Desa se-Kecamatan Kecamatan Hulu Sungkai, serta beberapa Tokoh yang hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Tokoh Adat,Tokoh Agama serta Tokoh Pemuda dari berbagai Kampung.

Selain menampilkan beberapa Pentes Seni dari Lampung misalnya Gitar Klasik Lampung, Tala Kulintang, Seni Tari Lampung, acara tersebut berpusat pada acara Intinya yakni Canggot Muli-Mekhanai.

Ansori selaku Ketua Pelaksana mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah ikut memeriahkan acara tersebut serta ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Instansi telah berkenan mendukung acara tersebut.

Baca Juga  KPU SERAHKAN APK PILKADA WAY KANAN

“Saya ucapkan Terimakasih yang tak terhingga untuk semua tamu Undangan baik dari dalam maupun dari luar daerah, terutama untuk para donatur yang telah andil dan ikut mendukung dalam mensukseskan atas digelarnya acara ini, mungkin jika tidak ada andil dan suportnya tentu acara ini tidak sukses,” Ungkap ansori.

Lanjut Ansori Canggot adalah salah satu Tradisi adat Lampung yang harus dilestarikan sehingga harus tetap dijaga eksistensinya.

“Dengan berkembangnya zaman, tradisi Canggot ini hampir nyaris hilang, khususnya di kecamatan Hulu Sungkai, oleh sebab itu Canggot yang digelar ini dapat memantik historis Adat Lampung yang harus tetap dijaga,” Lanjutnya.

Baca Juga  Stiker Modin Kok Dilepas!!

Dalam kesempatan yang sama Idris SE,MM selaku PLT Camat Hulu Sungkai yang juga bertindak sebagai Pembina Muda-Mudi Hulu Sungkai mengatakan bahwa akan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya Adat Lampung.
Ucapan terimakasih saya samaikan
Atas pemuda Yang Saadar akan budayanya.

“Pesan saya kepada para Pemuda dan Pemudi yakni Cintailah budaya kita, dan Insya Allah atas acara ini akan kita jadikan acara tahunan, disinilah peran pemuda harus kompak dan solid,” Tutupnya.RWK-Oksi.