Mengenal Komoditas Andalan Kampung Karang AGung

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Pakuan Ratu RWK, – Minyak serai wangi yang merupakan komoditas andalan di Dusun 2 Karang Umpu Kampung Karang Agung kecamatan Pakuan ratu Kabupaten way kanan, mengalami kenaikan Rp 15.000 dari biasanya. Saat ini, harganya mencapai Rp 115.000/kg, bergerak naik dari biasanya Rp 100.000/kg.

“Alhamdulillah, di tengah situasi pandemi Covid-19, harga minyak serai wangi berangsur naik,” Ujar Indra, petani serai wangi di Dusun 2 karang umpu Kampung Karang Agung’ tersebut, pada Kamis (9/8/21) ini.

Baca Juga  Sambut Ramadhan, Warga kampung Negara Mulya Bersih Bersih Lingkungan

” Indra Menuturkan bahwa menurutnya, harga tersebut masih belum stabil di tengah situasi yang serba tidak pasti ini.

Indra menjelaskan, minyak serai wangi pernah mencapai Rp 350.000/kilogram beberapa waktu lalu. Setelah sempat bertahan di harga yang paling tinggi itu, tidak lama kemudian harga minyak sere wangi berangsur turun seperti sekarang ini. Ketidakpastian harga itu juga diakui petani serai lainnya di Kecamatan Pakuan ratu khususnya dan kecamatan lainnya.

Baca Juga  Ayo Semarakan !! Kampung Gunung Sari Gelar Turnamen Volly Ball

Sementara itu, sejumlah agen penampung minyak serai wangi menyambut baik kenaikan harga komoditas pertanian tersebut. Sempat merosot ke harga yang sangat rendah, kini harga minyak serai wangi berangsur membaik. Petani yang sebelumnya malas melakukan penyulingan, sekarang mulai bersemangat memproduksi minyak serai seiring membaiknya harga komoditas tersebut.

“Saat ini, harga minyak serai sudah berada di posisi Rp 115.000/kg. Petani mulai ramai melakukan penyulingan, mudah-mudahan harganya semakin baik ke depan,” jelasnya.

Terpisah Madon Salah satu dari pekerja Produksi minyak sre wangi tersebut, Mengatakan bahwa minyak tersebut, kaya manfaat, Untuk Mengobati Berbagai macam jenis penyakit, seperti Pegal-pegal, gatal-gatal, Batuk, pilek, dan banyak digunakan oleh masyarakat di musim vademic Covid 19 ini, untuk mendatangkan Hilang nya Penciuman. (Tidak bisa merasakan bau apapun).

Baca Juga  Duh! Siap-siap Ada Tanda-tanda Harga Jagung Bakal Anjlok

Sehingga Minyak tersebut banyak di jual eceran, dan harga bervariasi, di mulai dari Harga 20 sampai selanjutnya sesuai pesanan tutup Madon pada”, RWK/ M. Azhari.