Mengacu Pada Usulan Masyarakat, Gedung Harapan Bangun Drainase

Foto: Air Telah Mengalir Pada Bangunan Drainase Kampung Gedung Harapan, Dan Tidak Terjadi Genangan Air Lagi.

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Agung (RWK) ,– Drainase secara sederhana dapat didefinisikan sebagai sistem saluran air, Bukan main-main, fasilitas yang satu ini punya berbagai peran penting dalam menunjang kelayakan hidup di dalam masyarakat.

Mulai dari mencegah genangan air dengan mengendalikan kelebihan air pasca hujan, mengalirkan air ke badan air terdekat, hingga mengeringkan wilayah setempat yang tergenang air supaya sarana dan prasarana tetap terpelihara.

Foto: Kegembiran Masyarakat Kampung Gedung Harapan Dalam Pembangunan Drainase Hingga Ingin Mengabadikan FotoNya di Ponsel.

Drainase memiliki peran yang sangat penting di kawasan berpenghuni, Sistem drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada, Sistem drainase bisa dikatakan baik apabila bisa berhubungan secara sistematik antara satu dengan yang lainnya, yang bertujuan agar air mengalir atau berjalan dengan baik.

Baca Juga  Alhamdulillah, Respon Camat Gunung Labuhan Terkait Sampah Cepat Tanggap

Guna memenuhi hal tersebut, Sehingga Pemerintah Kampung Gedung Harapan, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan Telah membangun satu titik drainase dengan Volume 50 M yang terletak di Dusun IV/RT02 Pembangun tersebut bersal dari anggaran dana desa (DD) di Tahun 2021.

“Rencana pembangunan drainase ini, Kami ajukan pada tahun sebelumnya dan Alhamdulilah teralisasi di tahun 2021 ini, Hal ini  atas persetujuan warga, sebagai solusi agar tidak terjadi genangan air yang dapat menghambat aktivitas warga ketika hujan turun, Masyarakat pun ikut membantu mengerjakannya hingga sampai selesai,” Ujar Indra Kepala Kampung Gedung Harapan, Sa’at dikonfirmasi Wartawan Radar Way Kanan, Minggu (27/6).

Baca Juga  Bersama Warga, Kepala Kampung Sunsang Gotong Royong Bersihkan Bahu Jalan

Menurut indra, Pembangunan yang ada di
Kampung Gedung Harapan, semuanya mengacu pada usulan masyarakat yang tertampung dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMKam). Sehingga program pembangunan dari anggaran desa maupun lainnya, dimanfaatkan sesuai yang tertuang di RPJMKam tersebut.

“Jadi kalau kita mengajukan program, yang jelas tidak menyimpang dari RPJMKam karena sebelumnya masyarakat usul itu, dan kami sangat berterimakasih atas partisipasi masyarakat dan juga pihak yang terkait dalam mendukung pembangunan drainase ini,
Perencanaan drainase yang dibangun itu sepanjang 50 meter Volumenya, Semoga kedepannya akan dapat kita sambung lagi, masih ada yang belum teralisasi,, semoga bermanfaat”, Ungkap Kakam Gedung Harapan indra.

Baca Juga  PCNU Way Kanan Telah Salurkan 1500 Paket Sembako Selama Ramadhan

Di sisi lain salah satu warga Setempat Gunawan,  Dia juga bersyukur atas drainase yang telah dibangun itu, Pasalnya, Ia mengaku selama ini sering terjadi genangan air dijalan ketika hujan turun. “Alhamdulillah, mudah mudahan dengan adanya pembangunan drainase ini air bisa cepat habis mengalir jadi tidak terjadi genangan-genangan air hujan lagi ketika hujan tiba nanti,” Harap Gunawan.

Dilanjutkan Gunawan” Bahwa selanjutnya masyarakat masih sangat mengharapkan dengan adanya pembangunan drainase ini bisa ditambah lagi di beberapa titik agar aliran air dapat mengalir pada tempatnya,”LanjutNya.(RWK/AWAL).