Lomba Karya Tulis Diskop Way Kanan, Tiga Peserta Terbaik Terima Uang Pembinaan

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Waykanan(RWK), – Dari tiga kategori lomba karya tulis populer yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Waykanan, Lampung, masing – masing tiga peserta dinyatakan meraih juara setelah dilakukan presentasi oleh tim juri.

Para peraih juara tersebut, mulai dari kategori mahasiswa/pelajar yang berhasil meraih juara satu,dua dan tinga masing – masing ialah, Jesy Paramita,  Ranika Alya Ramadian dan Lutfi Saputra. Sedangkan kategori Jurnalis peraih juara masing – masing ialah, Asep Setiawan, Azhari Ardian dan Heriyanto.

Sementara, untuk kategori masyarakat umum, juri memberikan nilai tertinggi kepada tiga peserta yaitu, Rudiyanto, Rizka Utari Karlinda, dan Sigit Dwi Sunardi. “Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik, dan seleksi dilakukan ketat oleh para dewan juri. Ada lima orang dewan juri termasuk yang berprofesi sebagai Dosen dan juga pemimpin redaksi,” kata Dedi Iskandar, M.H., selaku Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi mewakili Kadis Koperasi Way Kanan, Edwin Bavur usai presentasi peserta di Aula Diskop setempat, Sabtu (24/07).

Baca Juga  Bengkulu Rejo Launching Kampung Tangguh Nusantara

Menurutnya, dalam lomba tersebut yang mana diikuti sebanyak 41 peserta, dibagi dalam beberapa kategori. Mulai dari kategori mahasiswa/pelajar diikuti 11 peserta, kategori jurnalis 5 peserta dan kategori umum sebanyak 25 peserta.

“Lomba ini mengambil tema “Pemulihan Ekonomi Dimasa Pandemi Covid 19 Melalui Koperasi dan UMKM”. Sebelumnya para peserta mengirimkan karya tulis mereka ke email panitia, kemudian dilakukan penilaian oleh tim juri. Hasil dari penilaian itu diperoleh tiga besar dari masing – masing Kategori. Nah, peserta yang masuk tiga besar itu kemudian mempresentasikan hasil karya tulisnya dihadapan lima juri,” ujar Dedi.

Baca Juga  KADIS SOSIAL MINTA APARATUR TERIMA PKH PILIH JABATAN ATAU PILIH TERIMA BANTUAN

Setelah presentasi, kata Dedi, juri menentukan pemenang terbaik satu hingga tiga dimasing – masing kategori. “Puncaknya dipresentasi pada Sabtu ini tadi. Alhamdulillah pemenang akan diberikan uang pembinaan dan trophy serta piagam penghargaan. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada para juri dan juga panitia yang telah mau mensukseskan acara ini dalam.rangka HUT koperasi ke 72 tahun,” lanjutnya.

Sementara itu, Warseno, salah seorang juri dari unsur jurnalis mengapresiasi terhadap Dinas Koperasi Kabupaten Way Kanan yang sudah mau memberikan ruang bagi para peserta untuk menuangkan karya mereka. “Kalau dilihat dari jalurnya, sebenarnya ini bukan jalur Dinas Koperasi. Harusnya dinas terkait itu ya Dinas Pendidikan. Makanya saya sangat apresiasi sekali terhadap Dinas Koperasi Way Kanan ini, mereka sudah mau memberikan ruang untuk pemuda menuangkan hasil karyanya. Semoga kedepan akan terus berlanjut,” terangnya

Baca Juga  Giliran Bengkulu Rejo Jadi Tuan Rumah

Jika saat ini, ujar Seno sapaan akrab Warseno, hanya diikuti 41 peserta, kedepan harapanya dapat lebih banyak lagi. “Memang tidak mudah mengajak orang untuk berkarya. Saya yakin kedepan akan lebih banyak lagi yang ikut. Karena dengan karya mereka yang melalui penelitian atau penelusuran itu akan bisa dijadikan acuan untuk pengembangan ekonomi,” katanya.

Tim penilai atau juri yang melakukan seleksi itu, Dr. Usep Syaipudin, S.E., M.S.Ak., Warseno, Sarippudin, S.E., M.S.E., Apri Medianingsih, M.Pd., dan Saipudin, S.Sy., MM. (RWK-1)