Kampung Negeri Agung Programkan Paket Sekolah

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Agung (RWK), – Pemerintah Kampung Negeri agung, Kecamatan Negeri agung, Kabupaten Way Kanan melakukan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat putus sekolah melalui pelaksanaan program paket belajar setiap tahunnya yang mencakup program paket A hingga ke paket C, Kamis (11/02).

Menurut Kepala Kampung Negeri Agung, Tyas Chintia Pratiwi Bahwa Pendidikan Kesetaraan pada hakekatnya bertujuan memberikan kesempatan kepada warga masyarakat untuk mengikuti pendidikan dasar dan menengah yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan peserta didik yang tidak memiliki kesempatan belajar pada pendidikan formal. Peningkatan perhatian dan peran serta masyarakat terhadap program Paket hingga ke Paket C perlu diimbangi dengan upaya penyiapan kompetensi peserta didik agar memiliki kesiapan untuk terjun ke masyarakat dan dunia kerja, karena sebagian besar dari mereka tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga  BUNDA DESSY ; KUALITAS SDM SANGAT DITENTUKAN OLEH PENDIDIKAN USIA DINI

“kita tiap tahun melaksanakan paket sekolah untuk warga yang berminat, Sehingga sampai ke paket C, Semoga dengan adanya program ini ada warga yang akan ikut serta mendaftar sebagai peserta paket sekolah,”Ungkapnya.

Dia menambahkan, Program Tersebut salah satu bertujuan Untuk Pembangunan Berkelanjutan sebuah Kampung yang masuk dalam program prioritas Kemendes yang mengintruksikan atau diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2011 tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Baca Juga  Gedung Jaya Siapkan Data SDGS dan IDM

“Jadi Peserta yang ikut terdaftar paket tersebut wajib mengikuti kegiatan belajar layaknya pendidikan formal, yang nantinya akan diadakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau Lembaga Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan (LPPK), Contohnya, peserta putus sekolah, maka wajib mengikuti kegiatan proses belajarnya,” Jelas Tyas.

Baca Juga  Masyarakat Urunan Membuat TPA

Lebih jauh Tyas menjelaskan, bahwa walaupun proses belajarnya tidak sama dengan sekolah formal, tapi ijazah Paket C setara dengan ijazah SMA, dan bisa dipergunakan untuk melamar kerja, kuliah di PTN atau PTS. Menurutnya Di era kekinian, mau bergerak dibidang apapun terutama yang menyangkut instansi pemerintahan ataupun swasta, ijazah adalah persyaratan awal dari sebuah administrasi. “Kita berharap peserta yang ikut serta atau lulus nantinya dapat memanfaatkan ijazah nya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik,” imbuhnya.(RWK-W/AWAL)