Kabar Kebanjiran Dari Petani Sore ini’ 20% Dari 260 ha, Lahan Sawah

Pakuan Ratu RWK- Tindak Lanjut dari hujan deras pada jumat malam (21/1) menyebabkan meluapnya aliran sungai-sungai yang mengairi persawahan dikampung karang agung. Dampaknya sekitar 115 ha lahan sawah dikampung karang agung terendam banjir.
Hari ini, sabtu (22/1).

Usai Terkonfirmasi oleh Awak Media Koran Harian Radar Way Kanan, Petugas POPT kecamatan Pakuan Ratu, Candra Irawan, SP didampingi Ketua Gapoktan Kampung Karang Agung Sumardi, Meninjau lokasi lahan sawah yang terdampak banjir hari ini.

Baca Juga  PAC PP Gunung Labuhan Siap Dilantik

“Memang sudah sejak awal musim tanam selalu kami sampaikan ke petani untuk waspada menghadapi curah hujan yang tinggi di akhir desember sampai dengan januari ini” Ungkap candra.

“Langkah awal yang harus dilakukan petani adalah normalisasi saluran air, baik dilakukan secara gotong royong maupun secara pribadi masing-masing. Karena salah satu kunci dalam pencegahan banjir yaitu normalisasi saluran air, jika saluran air lancar banjir akan cepat surut” Imbuh candra.

Baca Juga  Tanjung Raja Giham Gelar Vaksinasi Hari Ini

Sumardi, ketua Gapoktan Ratu Karya Tani Karang Agung berharap tidak turun hujan dalam beberapa hari kedepan, sehingga banjir dapat segera surut.
“Sejauh ini dari hasil pengamatan kami, jumlah sawah yang terendam sekitar 20% dari total luas tanam di kampung karang agung yang saat ini mencapai 560ha.

Baca Juga  Posyandu Ananda Kayu Batu Berikan Vitamin A, Makanan Tambahan dan Imunisasi

Kita lihat beberapa hari kedepan, insya Allah segera surut dan tidan menimbulkan kerugian terhadap petani. Tantangan kedepan setelah banjir biasanya akan datang hama keong mas” Tutup candra. RWK/Azhari.