Hoax Pilkakam Ditunda, Berikut Keterangan Sekdakab Way Kanan

Blambangan Umpu (RWK),- Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan Saipul, S.Sos., M.IP menepis kabar yang beredar di masyarakat bahwa pelaksanaan Pilkakam di Kabupaten Way Kanan diundur pada tahun 2024. Kenyataannya, pemilihan kepala kampung (Pilkakam) serentak tersebut tetap akan dilaksanakan pada Tahun 2023 mendatang. Kamis (25/8)

Saipul menjelaskan, hasil rapat dengan Kementerian dalam Negeri untuk penundaan Pilkakam hanya terjadi apabila perencanaan dalam pelaksanaannya di atas 1 Oktober 2023.

Baca Juga  Pemerintahan Kampung Kayu Batu Tetapkan Penerima BLT DD Melalui Muskamsus

“Hasil rapat secara zoom meeting denga kementerian dalam negeri yang di tunda itu yang pilkakam nya di atas 1 Oktober 2023, sedangkan Januari sd sepetember 2023 masih dapat dilaksanakan, untuk way kanan insya Allah Maret atau April 2023 sudah selesai namun ini baru hasil rapat dengan kementerian dalam negeri masih menunggu ketentuan secara tertulis dari kementerian dalam Negeri.” Jelas Saipul saat dikonfirmasi via WhatsApp oleh Reporter Radar Way Kanan.

Baca Juga  Kampung Bonglai Akan Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Nasional Arung Jeram

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa sebanyak 118 Kampung di Kabupaten Way Kanan dijadwalkan akan menggelar Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) secara serentak periode Kedua gelombang pertama tahun 2023 mendatang.

“Sekarang ini semua di wilayah RI serentak sesuai gelombang nya,” imbuh Saipul.

Untuk diketahui, Pilkakam pada Gelombang Satu Periode Dua di Tahun 2023 berjumlah 118 Kampung, yang direncanakan pada bulan November tahun 2022 dan Pemungutan suara pada bulan Maret 2023 tersebut dilaksanakan karena, masa jabatan dari 118 kepala kampung (Kakam) tersebut, ada yang akan berakhir pada 14 Desember 2022, dan sebagian habis masa jabatannya pada 14 Februari 2023. RWK/JONI