iklan

DTPHP laksanakan Gerakan Pengendalian Hama Tikus Di Bahuga

Foto: Suasana Gerdal Dinas TPHP Kabupaten Way Kanan Bersama Salah Satu Gapoktan Di Kecamatan Bahuga

Bahuga(RWK), – Hari Rabu (2/6) kemarin, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan, melaksanakan Gerakan pengendalian hama tikus di Gabungan Kelompok Tani Makmur yang terdiri dari Kelompok Tani Margo Mulyo 2, Kelompok Tani Margo Mulyo 1, Kelompok Tani makmur, serta Kelompok Tani Karya Tani 1

Gapoktan tersebut terdapat di Kampung Bumi Agung Wates Kecamatan Bahuga. Lokasi pertama tersebut memiliki luas lahan kurang lebih 100ha.

Selanjutnya, Dinas TPHP Kabupaten Way Kanan juga mendatangi Gapoktan Sumber Rezeki yang berada di Kampung Tulang Bawang Kecamatan Bahuga. Lokasi kedua tersebut memiliki luas tanah yang lebih kecil dibandingkan dengan lokasi Gapoktan yang pertama, yaitu kurang lebih 80ha.

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Polres Way Kanan Kunjungi Kodim 0427/WK " Selamat Dirgahayu TNI "

Gerakan pengendalian hama tikus tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas TPHP, Rofiki, S.T.P., M.M., Kabid TPH Riantori, S.E., Kasi Perlintan Bidang TPH Nuria Sari, S.P., M.M., Petugas OPT Bahuga, Penyuluh wilayah binaan dan para anggota kelompok yang berkaitan.

Rofiki menjelaskan, bahwa Gerdal tersebut merupakan salah satu langkah untuk mempertahankan kualitas tanaman yang ada. Selain itu, gerakan tersebut juga tentunya bisa membantu para petani untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Baca Juga  Minggu Bersih Kampung Rejo Sari

“Gerdal kali ini, kami menggunakan obat pembasmi brankus, dan emposan tikus dengan belerang,” lanjutnya.

Masih Dari Rofiki, “Dinas TPHP Kabupaten Way Kanan mengucapkan terimakasih kepada Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura provinsi Lampung yg telah memfasilitasi kegiatan ini dengan memberikan obat pembasmi tikus tersebut,”.

Para petani juga tentunya sangat antusias saat mengikuti gerakan pengendalian hama tersebut. “Mudah – mudahan gerakan kali ini dapat mengurangi hama padi yang ada. Sebab, tanaman padi ini sudah masuk dalam rangka persiapan musim tanam yang akan datang,” tegas Adi sebagai salah satu petani yang mengikuti kegiatan tersebut. (RWK/AT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.