Ali Rahman Mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXV Tahun 2021 Melalui Virtual

Foto: Wakil Bupati Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T Mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXV Tahun 2021 Melalui Virtual, di Ruang Rapat Utama.

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Blambangan Umpu(RWK),- Wakil Bupati Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T Mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXV Tahun 2021 Melalui Virtual, di Ruang Rapat Utama, Senin (26/04).

Turut hadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah, Saipul, S.Sos., M.IP, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala dan Unsur dari Kodim 0427/WK, Polres Way Kanan, Kejari Way Kanan, Pengadilan Negeri, BKPSDM Way Kanan, Bagian Tata Pemerintahan dan Bagian Hukum Setdakab Way Kanan.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin yang pada sambutanya Wakil Presiden Ri menyampaikan apresiasi kepada kementerian dalam negeri, para kepala daerah, perangkat daerah, penyelengara pilkada dan masyarakat indonesia atas kontribusinya dalam keberhasilan pelaksanaan pilkada serentak pada tanggal 9 desember tahun 2020 di 270 daerah dengan tingkat partisipasi 76.09 persen dan secara keseluruhan berjalan dengan aman, lancar, tertib, dan terkendali, walaupun dalam kondisi covid-19.

Baca Juga  Kakam Campang Lapan Arahkan Apatur Kampung Untuk Mensosialisasikan Prokes

“Keberhasilan tersebut merupakan suatu bukti bahwa melalui kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ketat maka roda pemerintahan tetap berjalan dan produktif, sehingga pilkada yang merupakan agenda utama pembangunan demokrasi dan mandat konstitusi tetap dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana,” Ucap Wakil Presiden RI.

“Peringatan hari otonomi daerah saat ini merupakan momentum yang tepat untuk kita melihat kembali dinamika dan tantangan yang akan dihadapi oleh pemerintah daerah dimasa yang akan datang, secara filosofi kebijakan otonomi daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintah dengan memindahkan pemerintahan dari pemerintahan yang terpusat menjadi pemerintah daerah disertai pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan tertentu secara mandiri,” Lanjut Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin

Baca Juga  SDN 2 Bengkulu Konsisten Menjaga Kebersihan Lingkungan Dimasa Pandemi

Wakil Presiden RI juga menyampaikan penyelenggaraan otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah, dalam rangka mencapai tujuan peningkatan kersejahteraan masyarakat.

Mendagri, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. menyampaikan bahwa hari otonomi daerah tahun 2021 ini mengusung tema membangun semangat kerja dan meningkatkan gotong royong dimasa pandemi covid-19 untuk masyarakat yang sehat, ekonomi daerah yang bangkit dan indonesia yang maju.

Tito Karnavian Berharap Acara pada hari ini tidak hanya sekedar acara seremonial yang hanya sekedar dilaksanakan rutin tahunan belaka namun harus mengandung makna yang sangat dalam yang perlu dipahami bersama-sama untuk kepentingan bangsa dan perjalanan bangsa indonesia kedepannya

Baca Juga  Satu Bulan Sekali, KPM Kampung Sunsang Terima BLT-DD

“Pembentukan negara bukan hanya mengarah pada kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan tapi dalam konteks kompetisi internasional perlu untuk menjadi negara yang kuat dan berpengaruh dan untuk dapat mencapai tujuan tersebut bukan hanya dibutuhkan sumberdaya alam yang melimpah, sumberdaya manusia yang unggul, tapi ada satu faktor lagi yang penting yaitu sistem politik dan pemerintahan karena bila sistem politik dan pemerintahan tidak tepat maka sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan faktor-faktor yang lain akan menjadi sia-sia,” Ucap Mendagri

“Sistem pemerintahan yang tepat selain dapat mendorong SDM dan SDA yang baik, justru bisa menjadi elemen yang sanggat menentukan yang bisa mengkompensasi kelemahan dibidang sumberdaya alam dan sumberdaya manusia,” pungkas Tito (RWK/AA)