Proses pembangunan TPA di Kampung Gunung Labuhan

sosial Budaya1 Dilihat

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Gunung Labuhan, RWK– Sebagai wujud kepedulian terhadap Pendidikan Agama Islam bagi anak dan remaja. Masyarakat Kampung Gunung Labuhan, Way Kanan, Lampung, melakukan swadaya dan gotong-royong guna bangun Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

https://luglawhaulsano.net/4/8420418

Pembangunan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), yang berukuran Panjang +-12 CM dan Lebar 6 CM tersebut, terletak di Dusun 4 RT 1 Sindangsari, Kampung Gunung Labuhan, yang terintegrasi dengan Masjid Baiturrahman, serta berdekatan dengan KUA Gunung Labuhan.

“Setelah melihat respons yang luar biasa dari anak-anak untuk belajar Baca Al-Qur’an, kami (warga Gunung Labuhan.red) inisiatif melakukan swadaya untuk pembangunan TPA. Tidak lain tujuannya supaya anak-anak belajar Al-Qur’an dapat terkondisi dan terpantau dengan baik. Untuk saat ini saja, jumlah anak yang belajar Al-Qur’an kurang lebih berkisar 60 anak, sehingga membutuhkan tempat yang layak dan kondusif ,” kata Ustad Makruf S.Pd.I yang dikonfirmasi saat dirinya sedang bergotong -royong membangun TPA bersama warga lainnya, Selasa, (09/11).

Baca Juga  Arjuna Sudah Kalah 2 Suara

Saat ini, lanjut Makruf, pembangunan TPA sedang berlangsung, yang rencananya akan di bangun dua kelas (lokal, red) sehingga dirinya mengajak masyarakat luas bergabung dalam gerakan Amal Jariyah tersebut. Dan pihaknya tentu sangat terbuka jika ada masyarakat ataupun instansi yang akan ambil bagian dalam pembangunan TPA itu.

https://luglawhaulsano.net/4/8420418
Baca Juga  Babinsa Banjit Himbau dan Razia Masker

“Kami ingin anak-anak di Kampung Gunung Labuhan cerdas secara ilmu pengetahuan, dan juga memiliki pemahaman yang baik dibidang agama, sehingga TPA ini salah satu wadahnya,”pungkas Ma’ruf.

Atas latar belakang tersebut, Khaeirul Huda, ABM, M.Pd selaku Koordinator Penyuluh Agama Islam Kecamatan Gunung Labuhan mengapresiasi. Menurutnya membangun Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang dilakukan oleh masyarakat secara swadaya itu memberikan gairah anak-anak untuk meningkatkan baca Al – Qur’an.

“Bersyukur kepada Allah SWT, masyarakat begitu peka akan pentingnya Pendidikan anak-anak, semoga menjadi amal jariyah, apalagi proses pembangunannya dengan Swadaya dan gotong-royong,” imbuhnya.

Baca Juga  KAKAM BUMI REJO SUWARDI TINGKATKAN SDM WARGANYA MELALUI KEJAR PAKET C

Terpisah, Kepala Kampung Gunung Labuhan, H.Yanto, juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap program pembangunan TPA di Kampung yang ia pimpin tersebut. Menurut dia, pembangunan TPA itu sangat sejalan dengan misi Pemerintah Kampung Gunung Labuhan, bahkan telah dibahas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK).

“Saat ini kita masih mempertimbangkan kondisi Covid-19 yang belum usai. Namun hal tersebut, sudah menjadi salah satu fokus kami, berikut di Dusun talang barokah. Pemerintah Kampung tidak tinggal diam, kami akan berperan dalam program TPA tersebut, apapun yang menjadi program terbaiknya pemerintah Kampung akan dukung penuh,” pungkas Kepala Kampung 3 Periode tersebut.RWK/Oksi.