Abdul Roni : Selamat Datang KKN UBL Di Kampung Sri

sosial Budaya0 Dilihat

Negara Batin RWK, -Kepala Kampung Srimenanti Abdul Roni Sambut baik Mahasiswa KKN Universitas UBL. Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang ditempatkan dikampung Srimenanti.

Kepala kampung Srimenanti berharap kepada mahasiswa KKN dapat memberikan inovasi yang baru untuk perkembangan kampung Srimenanti , mengingat bahwa kampung Srimenanti saat ini sedang fokus dalam pengembangan dan Inovasi dalam bidang pertanian. Beliau juga mengingatkan bahwa tidak hanya fokus dalam menyelesaikan progja- progja yang ada, tetapi yang lebih penting dari itu mahasiswa KKN UBL diharapkan mampu berbaur kepada masyarakat yang ada di kampung Srimenanti .

https://luglawhaulsano.net/4/8420418

“Ilmu telah kalian dapatkan di bangku perkuliahan, sekarang waktunya untuk mengaplikasikan ilmu yang telah kalian terima.”

Mahasiswa KKN memiliki berbagai macam progja seperti mengadakan bimbingan belajar bagi anak-anak, menyelenggarakan PHBS (Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat) Penyuluhan pertanian, serta BSB (Belajar Sains Bareng) bagi anak SD Tingkat SD, Mengadakan pertunjukan Seni  bagi karang taruna, dan progja lainnya.

Baca Juga  Sertijab Kepala Kampung Banjar Sakti

Adapun KKN ini dilaksanakan bertujuan untuk mempererat hubungan antara mahasiswa KKN dengan masyarakat kampung Srimenanti , serta diharapkan mahasiswa memberikan pengabdian kepada masyarakat dan dapat belajar dari warga kampung pengalaman bermasyarakat.

https://luglawhaulsano.net/4/8420418

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah menjadi bagian aktivitas pendidikan sekaligus pengabdian kepada masyarakat, Mengingat pentingnya aktivitas ini untuk menjadi laboratorium pembelajaran kehidupan di tengah-tengah masyarakat sekaligus sebagai salah satu tangan bagi Universitas dalam membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Pemanfaatan IT.
Problem Solving Masyarakat (Sampah, Limbah dll)
Pendidikan Formal (mengajar siswa di luar sekolah)
Pelatihan Offline untuk UKM,Serta pelatihan bidang Pertanian.

Baca Juga  Jelang Hari Raya Idul Fitri, Kampung Negeri Baru Bagikan BLT-DD

Adapun tujuan dari pelaksanaan KKN untuk
Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa.
Menerapkan IPTEKS secara team work dan interdispliner.
Menanamkan nilai kepribadian Keuletan, etos kerja dan tangung jawab,Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan.
Menanamkan jiwa peneliti sejak dini Eksploratif dan analisik, Mendorong learning community dan learning society.

Kontribusi nasional melalui aktivitas yang bisa memecahkan permasalahan di tengah masyarakat
Sebagai sarana tidak langsung.

Ditemui Awak media dilapangan Arif Rahmat ketua Tim KKN UBL dari Fakultas ILMU Komputer ini menjelaskan bahwa program KKN kami ini dibawah pengawasan langsung dari kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

Baca Juga  Kapolsek Baradatu Bersama Babinsa Resmikan Kampung Tangguh di Kampung Banjar Mulya

“Kami disini melakukan uji coba penggunaan mesin Kultivator untuk pengelohan lahan pertanian dengan mesi n ini harapannya masyarakat bisa terbantu dalam pengolahan lahan.

Adapun tujuan akhir kami adalah penyederhanaan pengerjaan dalam bidang pertanian dengan system Robotisasi serta Digitalisai bidang pertanian.

Ditempat yang sama Tasya mahasiswa Semester 6 dari fakultas Fisip UBL juga menjelaskan bahwasanya KKN ini benar -benar sebuah tantangan bagi saya karena disini saya bisa dapatkan Ilmu dan juga bisa berbagi ilmu dengan masyarakat serta pemuda/i karang Taruna.

“Saya juga tertarik untuk saling berbagi ilmu dibidang pelestarian Seni dan budaya dengan remaja karang taruna Miskipun saya bukan keturunan Lampung Asli
Alhamdulillah untuk seni tari khas Lampung saya bisa imbuhnya.RWK/JS