WAY KANAN RAIH PENGHARGAAN LAGI

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Blambangan Umpu (RWK), – Pemerintah Kabupaten Way Kanan Meraih Penghargaan Anugera Pahrahita Ekapraya (APE) Predikat Pertama Tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Rabu (13/10).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si Kepada Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M  Bersama Ketua TP-PKK Way Kanan, Hj. Dessy Afriyanti Adipati Secara Virtual di ruang rapat utama pemkab Way Kanan.

Nampak hadir dalam acara Asisten, Kepala dan Unsur dari Inspektorat, Bappeda, BPKAD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas P3AP2KB, dan Dinas PMK.

Baca Juga  MULYADI RAHMAN DARI KOMISI III TINJAU LANSUNG KORBAN SIJAGO MERAH.

Dalam sambutannya Adipati menyampaikan rasa Syukur atas Penghargaan Anugera Pahrahita Ekapraya (APE) Predikat Pertama Tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

“Penghargaan yang diraih kabupaten Way Kanan ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran perintah dan masyarakat Kabupaten Way Kanan yang Bersama-sama mendukung program-program terkait kesetaraan gander dan perlindungan anak dan sehingga pada tanggal 29 Juli Lalu Kabupaten Way Kanan juga kembali meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021,” ujar orang nomor satu di Kabupaten Way Kanan

Baca Juga  Kampung Way Tuba Tuntaskan BLT-DD Tahun 2021

Lebih lanjut, dalam upaya Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah, Kabupaten Way Kanan telah melakukan berbagai Program dan Kegiatan. Diantaranya sebagai Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan telah menetapkan Peraturan Bupati Way Kanan Nomor: 27 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam Pembangunan yang mana dalam Peraturan Bupati telah diatur tentang Pelaksanaan PUG di Kabupaten dan Kampung/desa.”tambahnya

Diketahui sebelumnya pada tanggal 18 Meret 2021 Lalu, Kabupaten Way Kanan telah melakukan Verifikasi Lapangan Dalam Rangka Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Lapangan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, yaitu Bapak Hertomo Heru, Sonny dan Maftuh Muhtadi.

Baca Juga  Tim Monev PPKM Tinjau Rumah Isolasi Kampung Pulau Batu

penghargaan APE tersebut, terdapat 13 kementerian/lembaga dan 29 provinsi serta 266 kabupaten/kota yang menerima penghargaan.

APE yang diberikan sejak tahun 2006 merupakan ukuran untuk melihat kemajuan pembangunan yang berorentasi pada pembangunan berkeadilan gender. Sekaligus juga melakukan gambaran implementasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah atas usaha mereka melaksanakan strategi pengarusutamaan gender. (RWK/Alba)