Warga Kampung Kali Awi dan Kali Awi Indah bahu membahu perbaiki jalan

Negeri Besar RWK,-Guna kebaikan bersama Lurah kampung Kali Awi dan Kali Awi Indah kecamatan negeri besar bekerjasama melakukan perbaikan Jalan yang rusak parah yang menghubungkan kedua kampung tersebut.Rabu 22/9

Demi menjaga pengguna jalan yang melintasi kedua kampung tersebut dari hal -hal yang tidak diinginkan akibat jalan yang rusak dan berlubang, kepala Kampung Kali Awi dan Kali Awi Indah saling bekerjasama dalam upaya melakukan perbaikan jalan.

Dengan dibantu oleh satu unit alat berat untuk menimbun jalan berlubang dan melakukan pengrataan pada ruas- ruas jalanan yang berlubang tersebut.

Baca Juga  Singkong Anjlok, Warga Bengkulu Jaya Tanam Jagung

Banyaknya jalan yang rusak saat musim penghujan tiba menjadi pekerjaan rumah yang tidak ada hentinya bagi pemerintah. Kondisi jalan yang rusak sering menyebabkan kecelakaan, bahkan mengakibatkan jatuh korban dan kerugian harta benda akibat terperosok atau terserempet atau ditabrak kendaraan lain saat menghindari jalan rusak tersebut.

Bagi pemerintah baik pusat maupun daerah perlu alarm peringatan bahwa ada sanksi apabila membiarkan jalan rusak. Sesuai Pasal 24 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, penyelenggara wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga  Program KIA Gizi UPT Puskesmas Negeri Agung Di Kampung Pulau Batu

Apabila karena kondisi cuaca atau kendala anggaran, masih dapat dilakukan cara lain. Yang penting bisa menjadi perhatian pengguna jalan untuk lebih waspada dan berhati-hati. Karena kalau terjadi kecelakaan lalu lintas, tidak terkena sanksi hukum. Pasal 24 ayat (2), dalam hal belum dilakukan perbaikan jalan yang rusak.

Dalam hal ini pemerintah kabupaten harus bertanggung jawab penuh dalam perbaikan jalan terlebih jalan yang menghubungkan kedua kampung tersebut merupakan jalan Kabupaten bukan merupakan jalan kampung.

Baca Juga  Kampung Pakuan Ratu Ikuti SE Tutup Pasar

Banyaknya ruas jalan kabupaten yang rusak dikecamatan negeri besar tentunya sangat menganggu mobilitas masyarakat yang melintas karena tak kunjung tersentuh perbaikan.

Diantara jalan kabupaten yang rusak parah tersebu adalah penghubung kampung Kali Awi dan Kali Awi Indah,Ruas jalan penghubung Kali Awi Indah dan kampung Tegal Mukti Serta ruas jalan pengubung kampung kiling-kiling dan kampung Srimenanti. RWK/JONI S