Tingkatkan Potensi Belajar, Mahasiswi UIN KKN-DR Di Kampung Sumber Rejeki.

Foto: Mahasiswi UIN Raden Intan Lampung Foto Bersama Pemerintah Kampung Sumber Rejeki.

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Agung (RWK), – Penyebaran virus Corona yang dikenal dengan sebutan Covid-19 dibeberapa negara, termasuk Indonesia, sejak akhir tahun 2019, telah memberi efek yang cukup besar bagi semua aktifitas kehidupan masyarakat, tidak terkecuali bagi dunia pendidikan, dari tingkat dasar hingga Perguruan Tinggi, yang dalam hal ini tentu proses belajar-mengajar secara formal menjadi terhambat atau bahkan diberhentikan.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga terkena imbasnya, KKN bisa saja digagalkan pelaksanaannya
mengingat KKN dilaksanakan melalui keterlibatan langsung di dalam ruang lingkup masyarakat. Bila hal ini terjadi, maka potensi keterlambatan mahasiswa untuk menyelesaikan studinya cukup besar.

Bagaimanapun, para pihak terkait tidak menyerah dengan keadaan, berbagai upaya solutif dicoba untuk ditawarkan dan diterapkan agar semua proses belajar mengajar dan kegiatan-kegiatan pendukungnya dapat terus berjalan, (Bekerja dari rumah*red) menjadi pilihan utama bagi sivitas akademika.

Baca Juga  BPK Banjar Sakti Adakan Rapat Pembentukan Panitia Pilkakam

Dalam hal ini tentunya Pemerintah Kampung Sumber Rejeki, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan ikut berperan aktif dalam meningkatkan potensi kegiatan belajar mengajar dari rumah dengan menerima pelaksanaan kuliah kerja nyata dari rumah (KKN-DR*red) Mahasiswi UIN Universitas Raden Intan Lampung tahun Ajaran 2021 di WilayahNya. Senin (21/6).

“Kebijakan (bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah*red) yang sedang diberlakukan di hampir seluruh instansi atau lembaga tentunya menuntut para pihak untuk mengubah atau mengkreasikan
beberapa program kegiatan yang sudah terjadwal, salah satunya ialah Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa dalam bentuk KKN, agar disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada,”Ungkap Emi Ansori Kepala Kampung Sumber Rejeki.

Baca Juga  3 Orang Siap Menjadi Donomulyo 1

Emi Ansori Menjelaskan, Sejatinya, Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa akan diselenggarakan oleh Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN Raden Intan Lampung*red) di desa-desa/Kampung yang tersebar di kabuptan yang berada di Provinsi Lampung, selama 40 hari.

“Namun, untuk mengantisipasi atau mencegah penyebaran virus Corona tersebut di satu sisi, dan mengantisipasi ketidakpastian kondisi pada bulan-bulan berikutnya di sisi yang lain, maka KKN pada tahun ini akan diselenggarakan dengan pola yang disebut dengan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR),”Jelas Emi Ansori Kepala Kampung Sumber rejeki, Senin (21/6).

Baca Juga  Duh, Jembatan Penghubung Dusun Di Kampung Negeri Mulya Membahaykan

Emi berharap agar bentuk KKN dimaksud dapat terlaksana secara efektif dan tepat sasaran serta memiliki bobot nilai yang bisa dikonversikan dengan bobot SKS (Satuan Kredit Semester) pada semester yang berjalan, maka perlu adanya panduan/petunjuk teknis dalam sebuah pedoman, Semoga kita sehat selalu dan semua bentuk kegitan dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan,”TutupNya.(RWK/AWAL).