SMAN 1 Gunung Labuhan Siapkan Strategi Pendidikan Siswa Masuk PTN

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Berita Suara"]

Gunung Labuhan, RWK– SMAN 1 Gunung Labuhan lakukan persiapan terhadap peserta didiknya untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Rabu (20/01).

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh wartawan koran ini melalui website Hot.Grid.ID bahwa Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) memang telah menetapkan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk masuk PTN di tahun 2021.

Oleh sebab itu Dwi Wahyunanti, S.Pd selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Gunung Labuhan menjelaskan bahwa SNMPTN itu sendiri merupakan jalur seleksi masuk PTN yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa, oleh sebab itu perlu kami persiapkan.

“SNMPTN ini merupakan salah satu jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, oleh sebab itu pihak kami mempersiapkan hal ini dengan masif serta intensif supaya kesempatan yang baik ini tidak sia-sia sehingga bisa mengantarkan siswa/i kami ke jenjang perguruan tinggi,” Jelas Dwi saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, yang saat itu masih memberikan konsultasi serta wawasan terhadap siswanya yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi,Rabu (20/01).

Baca Juga  Ibu PKK Kali Papan Lakukan Senam Sehat

Lanjut Dwi Wahyunanti, saat ini pihaknya masih melakukan proses pendataan terhadap peserta didiknya yang berprestasi, hal itu berdasarkan passing grade nilai raport dari masing-masing peserta didik baik dari Jurusan IPS maupun Jurusan IPA, akan tetapi hal itu juga tidak mutlak, pihaknya juga masih mempertimbangkan secara personal dari peserta didik itu sendiri apakah komitmen untuk melanjutkan perguruan tinggi atau tidak sehingga mereka terus melakukan suport dan motivasi terhadap peserta didiknya.

Baca Juga  DIDUGA KORUPSI, DPP EMPPATI LAPORKAN KAKAM CAHYA MAS

“Kami seleksi secara selektif dan komulatif terhadap peserta didik kami, untuk memastikan kesiapan secara personal terhadap masing-masing peserta didik baik dari jurusan IPS maupun dari jurusan IPA, karena tidak hanya secara akademik saja kami perhatikan akan tetapi secara personal dari siswa/i apakah benar-benar siap untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau tidaknya, karena SMAN 1 Gunung Labuhan mempunyai kuota terbatas untuk mendaftar SNMPTN,” Jelas Dwi.

Lebih jauh Dwi menjelaskan bahwa SMAN 1 Gunung Labuhan memiliki kuota 25% untuk pendaftaran SNMPTN di Tahun 2021 ini.

“Secara komulatif jumlah peserta didik kelas XII kami, baik dari jurusan IPA maupun IPS juga tidak banyak, secara rinci kurang lebih terdiri dari 40 siswa/i dari IPA dan 42 siswa dari IPS, dan juga akreditasi sekolah kita masi B sehingga berbeda kuotanya dengan sekolah yang memiliki akreditasi A, karena dengan sekolah memiliki akreditasi B cuma memiliki jatah kuota pendaftaran SNMPTN cuma 25%, akan tetapi kalau sekolah yang memiliki akreditasi A tentu lebih banyak karena memiliki jatah untuk mendaftar SNMPTN yakni 40%,” Jelas Dwi sembari ia menyampaikan secara rinci jumlah siswa ataupun siswinya yang nantinya akan mendaftar.

Baca Juga  Pendamping PKH Kampung Negeri Agung Bantu Warga Lansia

“Ketika nanti sudah kita seleksi untuk di rengking berdasarkan Passing Grade nilai raport dari masing-masing peserta didik maka planningnya kita akan daftarkan 10 dari siswa jurusan IPA dan 11 orang dari siswa jurusan IPS,” Pungkas Dwi Wahyunanti. RWK-Oksi.