Sekcam Gunung Labuhan Pimpin Monev Di Curup Patah

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Gunung Labuhan (RWK)– Untuk mengetahui progres kegiatan pembangunan yang didanai dari dana desa, Pendamping Desa, Tim Pemerintah Kecamatan Gunung Labuhan, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap kegiatan dana desa maupun Anggaran Dana Desa tahun 2021 di kampung Curup Patah Senin 13/06/2022

Pengecekan dilakukan baik secara administratif SPJ maupun cros cek di lapangan. Bahwa kedepannya diharapkan untuk kegiatan peningkatan kapasitas kemampuan SDM baik warga maupun Perangkat kampung untuk lebih di tingkatkan di tahun 2022 ini dan tahun yang akan datang.

Kegiatan monev ini disamping memantau pembangunan yang bersumber dari dana desa, juga mementau kegiatan pembangunan yang ada di kampung yang bersumber dari dana lainnya, seperti ADD (alokasi dana desa).

Baca Juga  KONI Way kanan terus Pacu Cabor tingkatkan Kemampuan Atlit

Bertempat di Kantor kampung Curup Patah Joni Effendi SE.MM Selaku Sekcam gunung labuhan yang mewakili Camat gunung labuhan membuka acara monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan administrasi dan pembangunan desa tahun anggaran 2022. Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Monitoring dari Kecamatan Kasi PMK, Zahril kepala kampung Curup Patah, BPK, PD, PLD, Aparatur kampung, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat.

”Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan kampung pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan kampung, evaluasi serta pelaporan. Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah kampung, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah kampung sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya” imbuhnya dalam penyampaian acara.

Baca Juga  Puskesmas Serupa Indah Adakan Posyandu Rutin Bagi Lansia Di Kampung Negara Harja

Pada kegiatan monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yang ada di kampung. Materi monev terkait pengerjaan administrasi meliputi dokumen APBKAM, SPJ, Dokumen BLT-DD, dan dokumen penting lainnya. Sedangkan terkait pembangunan fisik, telah dilaporkan melalui dokumen pendukung bahwa Dana Desa Tahap 1 selain digunakan untuk penyaluran BLT-DD, juga digunakan untuk pembangunan. Sementara untuk pemeriksaan kegiatan pembangunan fisik dilakukan secara langsung.

Baca Juga  Kemarau Petani Risau

Secara keseluruhan administrasi kampung Curup Patah dan pembangunan fisik sudah berjalan baik, seperti yang disampaikan oleh Joni Effendi S.E M.M selaku Sekretaris Kecamatan Gunung Labuhan. “Hasil Monev kali ini untuk kampung Curup Patah sudah lengkap 80% dan disarankan untuk melengkapi sedikit beberapa data pendukung yang belum lengkap secara administrasi,” ungkapnya ketika dalam menyampaikan hasil monev.

RWK/ HABIBI A.P